PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PT TIARA INDAH ABADI PIAGGIO VESPA GIANYAR

Authors

  • Kadek Yunita Wendistha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Daniel Manek Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Purchasing decisions, service quality, price perceptions, sales promotions

Abstract

The purchasing decision is a complex process that involves identifying needs, evaluating alternatives, selecting products or services, and making a purchase. There are several factors that influence purchasing decisions, such as service quality, price perception, and sales promotion. This study aims to determine and analyze the influence of service quality, price perception, and sales promotion on purchasing decisions at PT Tiara Indah Abadi Piaggio Vespa Gianyar. The population of this study is 106 consumers of PT Tiara Indah Abadi Piaggio Vespa Gianyar in September 2023. The study uses a census sampling technique, and the data collection methods include observation, interviews, and questionnaires. The study uses multiple linear regression analysis with SPSS version 26 for windows. The results show that service quality and price perception variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, while the sales promotion variable has a negative and insignificant effect on purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Maulana Editor. 2021. “Kiprah 10 Tahun Piaggio di Indonesia Berbuah Manis” diakses pada 6 Juni 2023 dari https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/31/073521515/kiprah-10-tahun-piaggio-di-indonesia-berbuah manis?page=all#:~:text=Sejak%20awal%20hadir%20di%20Indonesia,dan%20Vespa%20S%20150%202V.

Ajzen, I., & Fishbein, M., 1975, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research, 129-385, Addison-Wesley, Reading, MA.

Wulandari, Andhina. 2015. “Piaggio Indonesia Buka Penyalur Resmi di Gianyarr", diakses pada 7 Juni 2023 dari https://otomotif.bisnis.com/read/20150422/273/425722/piaggio-indonesia-buka-penyalur-resmi-di-gianyar.

Anggraeni, Alvina Rahma, and Euis Soliha. 2020. Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al tijarah 6.3 (2020): 96-107.

Armstrong, G., & Kotler, P. 2017. Principles of Marketing. 17th red. New York.

Asnawi dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN-Malang Press.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali “Banyaknya Kendaraan Menurut Jenisnya di Provinsi Bali (Unit), 2020-2022” diakses pada 6 Juni 2023 dari https://bali.bps.go.id/indicator/17/250/1/banyaknya-kendaraan-menurut-jenisnya-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-bali.html

Christopher H. Lovelock dan Jochen Wirtz. 2021. Services Marketing: People, Technology, Strategy" new edition.

Debby Cynthia, Haris Hermawan dan Ahmad Izzudi. 2022. Pengaruh Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. Universitas Bina Taruna Gorontalo. Volume IX Nomor 1.

Dio Dananjaya, Azwar Ferdian. 2023. AHM Kuasai 80 Persen Pasar Sepeda Motor di Indonesia", diakses pada 9 Juni 2023 dari https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/31/152100915/ahm-kuasai-80-persen-pasar-sepeda-motor-di-indonesia#google_vignette

Engel, J.F., Blackwell,R.D., & Miniard, P.W. 2015. Consumer Behavior. 10th Ed.Forth Worth, Texas: The Dryden Press.

Esra dan Siahaan. 2023. Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Makanan Blackmores Haryani, Dwi Septi. "Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang." Jurnal Dimensi 8.1 (2019): 54-70.

Sandi .Ferry, CNBC Indonesia. 2023. Laris Manis Bak Gorengan, Penjualan Motor RI 'Meledak' 37%” diakses pada 8 Juni 2023 dari https://www.cnbcindonesia.com/news/20230214130603-4-413673/laris-manis-bak-gorengan-penjualan-motor-ri-meledak-37

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I.H. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryani, D. S. 2019. Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54-70.

Hasbiyadi, Mursalim, Suartini, Syafaat Djunaid, dan Ari Ardiansyah Masrum. 2017. Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Villa Samata Sejahtera Pada PT. Sungai Saddang Sejahtera.” Jurnal lmiah Bongaya (Manajemen & Akuntansi). No. XXII ISSN : 1907 – 5480

Jochen Wirtz dan Christopher Lovelock. 2017. Services Marketing: People, Technology, Strategy," 8th Edition,

Kotler dan Amstrong.2015.Principles of Marketing fifteenth edition.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2015: Marketing Management New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc. edisi ke-15, 2015.

Kumparan. 2021. Awal Mula Vespa Masuk Indonesia” diakses pada 10 Juni 2023 dari https://kumparan.com/kumparanoto/awal-mula-vespa-masuk-indonesia-1wPw00AC81p

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. 2017. Principle Of Marketing. Edisi 17. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Napik, Ahmad, Nurul Qomariah, and Budi Santoso. 2018. Kaitan citra merek, persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian blackberry. Jurnal Penelitian IPTEKS 3.1.: 73-85.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2015 "Marketing Management" edisi ke-15, 2015.

Rafi Mohammed "The 1% Windfall: How Successful Companies Use Price to Profit and Grow" 2010.

Ramli, Samsul. 2014. Wajib Swakelola Pengadaan Barang/Jasa. Jakarta: Visimedia.

Saputra, Gede Wisnu, and I. Gusti Agung Ketut Sri Ardani. Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Diss. Udayana University, 2020.

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global

Edition . England: Pearson Education Limited

Sholihat, Apriwati, and Rumyeni Rumyeni. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie. Diss. Riau University, 2018.

Solomon, M. R., White, K., Dahl, D. W., Zaichkowsky, J. L., & Polegato, R. (2018). Consumer behavior: Buying, having, and being. Boston, MA: Pearson.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta

Thomas Nagle dan Reed Holden “The Strategy and Tactics of Pricing: A Guide to Profitable Decision Making" 2020.

Wahyuni, Sri, and Jonianto Pardamean. "Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Di Institute Perbanas." Jurnal studi manajemen dan bisnis 3.1 (2016): 13-30.

William D. Perreault Jr. dan E. Jerome McCarthy "Basic Marketing: A Global-Managerial Approach, 19th Edition" 2018

Yuliani, N. K. D., Mitariani, N. W. E., & Atmaja, N. P. C. D. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Fashion Dewa Ayu Shop Klungkung. EMAS, 2(1)

Downloads

Published

2024-05-11