UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR DI KELAS XB SMA NEGERI 1 KUBU TAHUN
Keywords:
Penerapan, model Problem Based Learning (PBL), Jelajah Alam sekitar (JAS), EkosistemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan metode jelajah alam sekitar (JAS) dalam meningkatkan motivasi belajar biologi siswa pada topik materi ekosistem kelas X semester. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan berbantuan kuesioner motivasi dan test kognitif. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberiana kuisioner motivasi pada siklus I dan siklus II dan pengisian kuesioner motivasi . penelitian ini dilaksanakan di kelas X B SMA Negeri 1 Kubu dengan jumlah peserta didik sejumlah 24 siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan JAS sangat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa, karena terjadi peningkatan skor motivasi dari siklus 1 dari 45,83 % ke siklus II dengan nilai sebesar 83,33 %. Selain motivasi, penerapan model PBL dan metode JAS juga efektif meningkatkan hasil belajar siswa dimana hasil pengetahuan siswa di siklus I siswa awalnya hanya 50% yang mencapai KKM, dan di hasil tes penegtahuan di siklus II terjadi peningkatan menjadi 91,66 % yang telah mencapai KKM. Sehingga bisa di katakan bahwa model PBL berbantuan Metode JAS efektif mneingkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem.
Downloads
References
Armalena, A., & Afdal, S. (2022). Peningkatan motivasi belajar bagi siswa SMA Muhammadiyah 3 Padang. Menara Pengabdian, 1(2). https://doi.org/10.31869/jmp.v1i2.3056
Herin, A. M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis, inovatif dan kreatif serta motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran siklus akutansi perusahaan dagang di kelas XII Sos1 SMA Negeri 1 Larantuka. Journal Of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 4085-4098.
Ilamdi, M. L., Hasanah, N., & Syazali, M. (2022). Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk meningkatkan penguasaan konsep eksosistem siswa. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 252-258.
Kurniawati, D., & Wulandari, N. F. (2021). Model Problem Based Learning Bernuansa Jelajah Alam Sekitar Terhadap Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 191-200.
Marni, M., Hindrasti, N. E. K., & Sarkity, D. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan kelas VII SMP Negeri 10 Tanjung Pinang. Doctoral dissertation, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270.
Rai, I. G. A., Suryatini, K. Y., & Budiyasa, I. W. (2017). Upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan beberapa metode pembelajaran inovatif. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(2), 180-193.
Rahayu, E., & Kusumawati, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Model PBL dengan Pendekatan JAS Materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Widyadari, 7(2), 112-120.
Rahayu, F. (2019). Penerapan model pembelajaran role playing berdasarkan buku sejarah nasional indonesia jilid II pada sub materi kerajaan Majapahit sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X KPR 4 di SMK Negeri 11 Malang.
Sabela, R. A., Anggraeni, P. S., & Muhid, A. (2021). Layanan home visit dalam mengatasi permasalahan motivasi belajar pada siswa: literature review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17-23. https://doi.org/10.33084/suluh.v6i2.2463
Sari, D. P., & Kurniawati, D. (2021). Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Model Problem Base Learning (PBL). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 281-288.
Supartama, I. N. W., Pujani, N. M., & Priyanka, L. M. (2022). Analisis Motivasi Belajar IPA pada Kurikulum Merdeka di Kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 194-205.
Widiastuti, I. P. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Vokal Tembang Bali. Jurnal Widyadari, 6(1), 45-52.
Wijayanti, M., & Kusumawati, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA. Jurnal Ilmiah Global Education, 1(2), 52-60.
Zhuravleva, I. A., Sakharova, T. N., Bataeva, M., & Guskova, T. (2022). Academic motivation in the context of modern education. Main Issues Of Pedagogy And Psychology.