PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMAS MUHAMMADYAH SUMBAWA BESAR

Authors

  • Yusrol Yani 1SMAS Muhammadyah Sumbawa Besar
  • Ida Bagus Ari Arjaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Predict Observe Explain, Pembelajaran Biologi, One-Group Pretest-Posttest Design

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran biologi pada siswa SMAS Muhammadyah Sumbawa model pembelajaran Predict Observe Explain berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design dengan metodologi kuantitatif pra eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, yang berarti seluruh siswa kelas 12 IPA  yang berjumlah 18 orang termasuk dalam sampel penelitian. Hasil belajar dinilai dengan tes pilihan ganda 25 soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian. Hasil belajar kognitif siswa dihitung dengan rerata skor pre-test 80,16, rerata skor post-test 89,96, dan diperoleh nilai signifikansi 0,000)< 0,05 menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan Model Pembelajaran Predict Observe Explain berpengaruh terhadap hasil belajar biologi ranah kognitif siswa kelas 12 IPA SMAS Muhammadyah Sumbawa Besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirullah, G., Suciati, R., Susilo, S., & Handayani, D. (2019). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain (POE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. BIODIK, 5(2), 173–180. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7165

Arimadona, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Terhadap Hasil Belajar Biologi. In PENDIDIKAN IPA VETERAN (Vol. 1, Issue 1). http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva

Helmiati. (2017). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Husamah dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah.

Idayani, N. P. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Keaktifan.

Lakeisha. Novanto, S. Y., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD. 7(1).

Nana, M. P. (2019). Model Pembelajaran Predict, Observe, Explanation, Elaboration, Write, dan Evaluation (POE2WE).

Novrinda, Novrinda, Nina Kurniah, and Yulidesni Yulidesni. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39-46.

Nuramelia. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan.

Rahayu, P., Widiyatmoko, A., & Artikel, I. (2015). Penerapan Strategi POE (Predict-Observe-Explain) Dengan Metode Learning Journals dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej

Safitri, E., Kosim, K., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825

Sudiarpa, I. K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD No. 3 Songan. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Downloads

Published

2021-03-04

How to Cite

Yusrol Yani, & Ida Bagus Ari Arjaya. (2021). PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMAS MUHAMMADYAH SUMBAWA BESAR . Jurnal Biologi Konstektual (JBK), 3(1), 9–14. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/8054