PERANAN E-COMMERCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DI ANULEKHA RESORT AND VILLA UBUD

  • I Putu Ariawan
  • I Gusti Ayu Imbayani
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja
Keywords: e-commerce, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce dan brand image terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada 100 konsumen Anulekha Resort And Villa sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel tersebut. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 0,501 + 0,390 X1 + 0,465 X2. Hasil koefisien korelasi berganda adalah 0,751 yang berarti e-commerce dan brand image mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa. Hasil analisis determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 55,5%. Analisis uji F diperoleh Fhitung = 62,794 dan nilai signifikan F = 0,000. Hasil uji t antara e-commerce dengan keputusan pembelian diperoleh thitung sebesar 4,989 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan hasil uji t antara brand image dengan keputusan pembelian diperoleh thitung sebesar 4,789 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Simpulan penelitian ini adalah e-commerce dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa

References

Atmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi dan Menuh, Ni Nyoman. 2019. Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian-Denpasar, 24 Mei 2019.

APJII. (2015). Pengguna internet Indonesia tahun 2014, sebanyak 88,1 juta (34.9%). Retrieved from Website Resmi APJII: http://www.apjii.or.id/v2/read/content/infoterkini/301/penggunainternetindonesia-tahun-2014-sebanyak-88.html

Shimp, Terence.2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi.Jakarta : Salemba Empat.

Aditya Bagus Indratama, dan Yessy Artanti. 2014. Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri.Jurnal Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Vol. 2, No. 4, Hal.1-11.

Aghekyan-Simonian, M., Forsythe, S., Kwon, W. S., & Chattaraman, V. (2012).The role of product brand image and online store image on perceived risks and online purchase intentions for apparel. Journal of Retailing and Consumer Services 19, 325-331.

Agusty, Ferdinand. 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. BadanPenerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Agus Sulastiyono. 2012. Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel. Penerbit Alfabeta.

Published
2019-12-02
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)