PENGARUH PERSONALSELLING, PENGEMBANGAN PRODUK DAN KEWAJARAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI PT. ORINDO ALAM AYU (ORIFLAME) DENPASAR

  • Ni Wayan Suarjati Yusni
  • I Wayan Mendra
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja
Keywords: Personal Selling, Pengembangan Produk, Kewajaran Harga, Keputusan pembelian

Abstract

Industri kosmetik merupakan salah satu industri  yang perkembanggannya sangat ditentukan oleh upaya perusahaan dalam memasarkan produknya di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling, pengembangan produk dan kewajaran harga terhadap keputusan pembelian di PT. Orindo Alam Ayu (Oriflame) Denpasar. Penelitian ini mengambil sampel 85 responden melalui kuesioner, data diolah dengan menggunakan program SPSS 22.0. pendekatan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive samplingyaitu dengan pendekatan accdental sampling. Rumus yang digunakan untuk menentukan sampel respoden adalah rumus malhotra (2006 : 291).  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji f dan uji t.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat diketahui bahwa, personal selling(X1)  secara parsial berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pengembangan produk (X2) secara parsial berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kewajaran harga (X3) secara parsial berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). personal selling(X1), Pengembangan produk (X2) dan Kewajaran harga (X3) secara simultan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).

References

Agus Hermawan.2012.Komunikasi Pemasaran.Jakarta. Erlangga.

Alih Bahasa: Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, cetakan kedelapan, Bandung : Alfabeta.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasarn dan Pemasaran Jasa, Bandung : Alfabeta

Arifudin, Azwita. 2012. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Membeli Komputer di Lingkungan Mahasiswa FakultasEkonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin. Makasar : Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Hasanudin. Makasar

Arikunto, Suharsini.2006.Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Revisi VI), Jakarta : Rineka Cipta.

Arumsari (2014). Pengaruh Kualitas produk, Harga, dan Promosi terhadap keputusan pembelian Air Minum Dalam Kemasan(AMDK) merek Aqua (Studi pada konsumen Toko Bhakti Mart KPRI Bhakti Praja Profinsi Jawa Tengah).

Augusty, FerdinanD. 2006. Metode Penelitian Manajemen :Pedoman Peelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Universitas Dipenogoro.

Basu Swasta dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFF

Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, buku 1. Jakarta: Salemba Empat

Consuegra, D., A. Molina, dan A. Esteban. 2007. An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyalty: An Empirical Analysis in Service Sector.

Journal of Product & Brand Management. 16(7): 459-468.

Charles W.Lamp, Joseph F. Carl Mcdaniel.2008. Pemasaran Edisi Pertama, Jakarta : Salemba Empat.

Djarwanto dan P. Subagyo.2009.Statistik Induktif.Edisi enam.BPFE. Yogyakarta.

Erwin Rediono Tan (2011). Pengaruh faktor harga, promosi dan pelayanan terhadap keputusan konsumen untuk belanja di alfamart surabaya. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2 ISSN. 1978-4724

Fortunisa & Agassi (2012). Pesan Iklan Televisi dan Personal Selling: Alat Promosi Untuk Peningkatan Keputusan Pembelian (Journal Communication Spectrum, Vol. 2 No. 2).

Ghozali.Imam.2012.Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program IMB SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps

Kotler dan Amstrong.2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid I. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 edisi ketiga belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarka : Erlangga

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Manajemenn13. New Jersey : Person Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Principe Of Marketing. 15th edition. New Jersey : Pearson Prentice Hall

Owusu Alfred, 2013 . Influences of Price And Quality On Consumer Purchase Of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A Comparative Study,

E uropean Journal of Business and Management , Vol.5, No.1.

Panjaitan (2016). Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian (Studin Kasus PT. Millenium Pharmacon Internasional Tbk cabang Bandung)

Rahayu & Anggarini (2009). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Audio Sony (Survei pada konsumen di toko Aneka Irama Jalan Abc Bandung)

Rahyuda, I KetutdanAtmaja, Ni Putu Cempaka Dharmadewi. 2011. Pengaruh Kewajaran Harga, Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Penerbangan Domestik Gia Di Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 15 No 3. http://dx.doi.org/10.24034/j25485024.y2011.v15.i3.374

Refi Eko Priyanto, Edi Safni Rosa dan Rini Syarif (2014). Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.

Riduwan. 2012. Dasar – dasar Statistika. Cetakan Kesepuluh. Bandung : Alfabeta.

Santono, Tjiptono, 2001. Riset Pemasaran Jasa, Andi Offet, Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J.2010. perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi revisi. Jakarta Kencana

Sugiyono.2005. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabet

Sugiyono. 2010. Statiska untuk penelitian. Bandung : Alfabet.

Sugiyono. 2012. Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabet.

Sugiyono. 2014.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabet.

Shimp, Terence A. 2010. Integrated Marketing Comunication in Advertising and Promotion 8e. Soun-Western : Cengage Learning.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi

Tjiptono. Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Penerbit Andi Yogyakarta.

Umar, Husein.2002.Metode Penelitian : Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi II.Jakarta.PT. Gramedia Pustaka Utama

Wardhana & Iba (2014). Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil SUV Premium di Jawa Barat (Jurnal Kebangsaan, Vol.3 No.5).

Published
2019-12-02
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)