PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA KREDIT PADA PT BPR SENTRAL EKONOMI NUSANTARA DI DENPASAR

  • I Komang Sudarpa Galung
  • Ni Wayan Eka Mitariani
  • I Gusti Ayu Imbayani
Keywords: Kualitas Pelayanan, Promosi dan Keputusan Pengguna Jasa

Abstract

Dalam era perdagangan bebas semakin berkembangnya kegiatan ekonomi, maka  perusahaan menghadapi persaingan yang sangat ketat. Untuk memenangkan persaingan ketatnya persaingan dalam industri perbankan, maka harus dilakukan adanya startegi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengguna jasa kredit.  Begitu pula  kebutuhan  masyarakat sebagai pengguna jasa kredit  semakin meningkat baik untuk keperluan  konsumtif, untuk investasi maupun untuk usaha produktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa kredit dan untuk mengetahui  pengaruh promosi terhadap pengguna jasa kredit pada PT. BPR Sentral Ekonomi Nusantara Denpasar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden dan penentuan sampel dengan metode purposive sampling.  Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna kredit pada PT. BPR Sentral Ekonomi Nusantara Denpasar secara parsial.

References

Angipora Marius P. 2010. Manajemen Pemasaran, Jaklarta : Edisi Milinium, Penerbit Prenhallindo.

Ardiyana, I Ketut. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan promosi Terhadap Keputusan penggunaan Jasa kredit pada Bank Ratyat Indonesia Cabang Gianyar Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Assauri Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran Konsep, dasar, dan strategi, Jakarta : Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.

Boediono, 2014, Seri Sinopsia Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, BPFE, Yogyakarta

Bramantyo Anaga. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit dan Promosi terhadap Keputusan Kredit UKM. Jurnal Vol 6 No. 4.

Chandra Yuni, Sari Lisa Nova dan Yusup Elfianto, 2015. Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Kredit pada PT BPR Dana Sejahtera Padang, Jurnal, Vol, 5, No.13.

Gitosudarmo, Indriyo. 2011. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : Edisi kedua, Penerbit BPFE.

Ghozali, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program . Edisi Kedua. Bagian Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Irawan, Putra Dani, 2014. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Pengguna Kredit pada BPR Wijaya Kusuma Malang, Jurnal, Vol. 13.No. 16.

Ismail, 2010. Manajemen Perbankan, Kencana Prenada Media Group Jakarta.

Kasmir, 2010.Manajemen Perbankan, Rajawali Pers Jakarta.

Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran Persuaktif Asia.Jakarta : Asia

Mursid M. 2010. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Penerbit Bumi aksara

Published
2019-12-02
Section
Articles