PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI WS MART BARITO

  • I Wayan Febri Pardana
  • Ni Wayan Eka Mitariani
Keywords: persepsi harga, lokasi, keputusan berbelanja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan berbelanja di WS Mart Barito, dan ke (2) pengaruh lokasi terhadap keputusan berbelanja di WS Mart Barito.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja di WS Mart Barito.Teknik pengambilan sempel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah di uji validitas dengan realibilitasnya. Teknik analisis data yang di gunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja di buktikan dari nilai t hitung sebesar 5,785 dengan nilai signifikasinya sebesar 0,000< 0,05: dengan koefisien regresi sebesar 0.274. ke (2) lokasi berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,264 dengan nilai signifikasi sebesar 0,015 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,263, dan yang ke (3) persepsi harga dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan berbelanja, di buktikan dengan nilai F hitung sebesar 27,626 dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05.

References

Basu, Swasta Dharmesta dan Irawan, 2008.Manajemen Pemasaran Modern.Leberty. Yogyakarta.

Djarwanto, 2000, Analisa Laporan Keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Djarwanto, dan Subagyo, Pangestu, 2000.Statistik Induktif, Edisi 4, BPFE, Yogyakarta.

Echdar Saban. 2015. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis.Bogor: Ghalia Indonesia.

Fadmawati. 2014. Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimart Andina.

Tjiptono.Fandy. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2.Yogyakarta: Andi.

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal EMBA-FE-USRM, Manado.

Garatu, Timotius. 2013. Pengaruh Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Ramayana Motor Poso, Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi.Vol. 13, No. 1.

Ghanimata. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Cetakan Keempat.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA. Vol.1, No.3, p.1251-1259

Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1.Alih Bahasa oleh Benyamin Molan.Edisi 12. Jakarta: PT Indeks.

_____. 2012. Manajamen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga

_____. 2012. Prinsip_Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

_____.2014.Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Kotler. 2014. Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin lane Keller. 2016. Marketing Manajemen, 15th Edition, Person Education, inc.

_____. 2012. Marketing Management, Edisi 14, Nelo Jersey : Prentice-hall Publised.

Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. PT Salemba Empat: Jakarta

_____. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.

Lupiyoadi, Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.

Ma’ruf, Hendri. 2014. Pemasaran Ritel. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Nata Wirawan, 2002, Cara Mudah Memahami Statistik 2, Edisi Kedua,Keraras Emas,Denpasar

Saladin, 2012. Dalam Analisis Kualitas Pelayanan Pada Ritel Lokal Mirota Kampus Di Selaman, Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Prilaku Konsumen. Jakarta : Kencana.

Sekaran, 2006:47.Dalam astawa 2018. Pengaruh Suku Bunga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit KPR Non Subsidi Pada PT Bank Tabung Negara, Denpasar, Bali.

Simamora. 2004. Panduan Riset dan Prilaku Konsumen, Jakarta, Penerbit : PT. GramediaPustaka Utama

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarto. 2013. Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Persepsi Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Supranto, 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 230,243

Swastha, Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta.

Sri Yuni Widowati. 2011.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, no 2, FE.USM, Halaman 179-190.

Swastha, dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty:Yogyakarta.

Published
2019-12-02
Section
Articles