PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA KREDIT PADA PT BPR SENTRAL EKONOMI NUSANTARA DI DENPASAR
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Promosi dan Keputusan Pengguna JasaAbstract
Dalam era perdagangan bebas semakin berkembangnya kegiatan ekonomi, maka perusahaan menghadapi persaingan yang sangat ketat. Untuk memenangkan persaingan ketatnya persaingan dalam industri perbankan, maka harus dilakukan adanya startegi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengguna jasa kredit. Begitu pula kebutuhan masyarakat sebagai pengguna jasa kredit semakin meningkat baik untuk keperluan konsumtif, untuk investasi maupun untuk usaha produktif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa kredit dan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap pengguna jasa kredit pada PT. BPR Sentral Ekonomi Nusantara Denpasar. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden dan penentuan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, korelasi, determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengguna kredit pada PT. BPR Sentral Ekonomi Nusantara Denpasar secara parsial.