PERANAN E-COMMERCE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP TAMU DI ANULEKHA RESORT AND VILLA UBUD

Authors

  • I Putu Ariawan
  • I Gusti Ayu Imbayani
  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja

Keywords:

e-commerce, brand image, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-commerce dan brand image terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada 100 konsumen Anulekha Resort And Villa sebagai sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel tersebut. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y = 0,501 + 0,390 X1 + 0,465 X2. Hasil koefisien korelasi berganda adalah 0,751 yang berarti e-commerce dan brand image mempunyai pengaruh yang kuat terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa. Hasil analisis determinasi diperoleh koefisien determinasi sebesar 55,5%. Analisis uji F diperoleh Fhitung = 62,794 dan nilai signifikan F = 0,000. Hasil uji t antara e-commerce dengan keputusan pembelian diperoleh thitung sebesar 4,989 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan hasil uji t antara brand image dengan keputusan pembelian diperoleh thitung sebesar 4,789 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Simpulan penelitian ini adalah e-commerce dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu di Anulekha Resort And Villa

Downloads

Published

2019-12-02

Issue

Section

Articles