PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAJAR SECARA ONLINE BAGI PARA GURU SELAMA PAN DEMI VIRUS CORONA

  • Ida Bagus Nyoman Mantra Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Sri Widiastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Istri Yudhi Pramawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: Kemampuan, Peningkatan, Guru, Pembelajaran, Online

Abstract

Pandemi virus corona telah mewabah di seluruh dunia termasuk di Indonesia. tidak saja melumpuhkan perekonomian tetapi juga dunia pendidikan. Program pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan para guru dalam melakasanakan pembelajaran secara online. Program ini dilakukan karena urgensi yang harus dilakukan karena guru terpaksa mengajar secara online selama berkembangnya virus corona. Kemapuan para guru ini mutlak perlu ditingkatkan agar mampu mengajar dengan efektif. Mengingat masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran secara online maka program pengabdian ini perlu dilaksanakan supaya pembelajaran berlangsung lebih efektif. Program ini berupa pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan secara online yang meliputi pelatihan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif, dan pembuatan materi pembelajaran.

References

Armstrong, T. (2004). Kamu itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga. Alih bahasa : Arvin Saputra. Batam : Interaksara.

Empy Effendi, Hartono Zuang .(2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta

Hakim, A.B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. ISTATEMENT: Information System and Technology Management (e-Journal), 2(1).

Hamalik.O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Muhammad, S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Media ELearning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang). SNASTIKOM 2014 (1).

Sanjaya.W (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group

Sanjaya Herry Heriawan, Asep. (2003). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Universitas Terbuka

Sardiman. A.M. (2008) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Shearer, C.B. (2004). Multiple Intelligences After 20 years. Teachers College Record, 106(1), 2 -16.

Waller, V. and Wilson, J. (2001). A definition for e-learning. TheODL QC Newsletter, page 1-2. Susilo,

Mudammad Joko. (2007). Kurrikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jogyakarta: Pustaka Pelajar

Published
2020-05-05