PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN ALFAMART DI JALAN TANGKUBAN PERAHU, KEROBOKAN BADUNG
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada pelanggan Alfamart di jalan Tangkuban Perahu. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya peningkatan penjualan yang terjadi selama 1 tahun terakhir pada tahun 2017-2018. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuisioner dengan populasi yaitu pelanggan Alfamart di jalan Tangkuban Perahu sebanyak 100 orang yang dengan sendirinya semua pelanggan digunakan sebagai sampel sebanyak 100 orang.
Penelitian ini menggunakan metode Quota Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Maka sebaiknya perusahaan memberikan arahan kepada karyawan perihal kualitas pelayanan, mengawasi persaingan harga, dan memberikan promosi-promosi yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian pada Alfamart di Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan Badung.