SIKAP BELAJAR DAN KEMAHIRAN BAHASA INGGRIS KARYAWAN MEXICOLA MELALUI PELATIHAN BERBASIS PELIBATAN TERINTEGRASI

  • I Ketut Wardana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Sri Astuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Sukanadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar
Keywords: sikap, pembelajaran, kemahiran, pelatihan, pendidikan formal

Abstract

Penelitian yang mengamati kondisi ketrampilan  berbahasa Inggris siswa dalam pendidikan formal telah banyak dilakukan, namun  penelitian yang memfokuskan pada pelatihan komunikasi bahasa Inggris untuk pendidikan informal belum menjadi prioritas. Sehingga, fenomena sumber daya linguistik dan ketrampilan bahasa Inggris masyarakat luar sekolah seharusnya terangkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal dan perubahan sikap dan ketrampilan bahasa Inggris karyawan restoran melalui metode  pelatihan berbasis pelibatan terintegrasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan berbasis fenomenologi. Sumber data berupa hasil pelatihan dan pengamatan sikap bahasa 38 karyawan Motel Mexucola. Data dikumpulkan melalui metode pengamatan dengan teknik libat cakap dan catat.melalui tes, wawancara, dan kuesioner. Terdapat tiga tahapan analisis, yaitu kondisi awal, pengembangan, dan kemahiran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan sikap belajar karyawan Mexicola selama pelatihan berbasis pelibatan terintegrasi, yaitu lebih aktif, kooperatif, dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas. Sikap belajar ini berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan  ketrampilan bahasa Inggris karyawan dengan tingkat ketuntasan 81%. Ini membuktikan pembelajaran dengan pelibatan terintergrasi antara sikap dan pengetahuan, dan antara hasil pelatihan dengan penerapan langsung dilingkungan kerja telah membentuk pembiasaan penggunaan bahasa fungsional. Hasil pelatihan ini telah membantu karyawan Mexicola dalam peningkatan kualitas komunikasi bahasa Inggris sehingga berdampak pada kuantitas kunjungan wisatawan ke restoran ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. 2004. Pendidikan kecakapan hidup (life skills education). Bandung: Alfabeta.
Hamalik.O, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara Sanjaya.
Joesoef. 1986. Konsep dasar pendidikan luar sekolah. Surabaya: Bumi Aksara
Kamil, M. 2010. Model pendidikan dan pelatihan (Konsep dan aplikasi). Bandung: Alfabeta. Richards, Jack C. and Renandya, Willy A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. New York: Cambridge University Press.
Mardapi, J. 2008. Tehnik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.
Richards, Jack C. and Rodgers, Theodore S. 2001. Approaches and Methods in Language Teaching (Second Edition). New York: Cambridge University Press.
Rusyan, dkk. 1994. Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja
Sanjaya.W, 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Sardiman. A.M., 2008 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Shearer, C.B. 2004. Multiple Intelligences after 20 years. Teachers College Record, 106(1), 2 -16.

Sihombing, 2000. Pendidikan luar sekolah, managemen strategi: Konsep, kiat dan pelaksanaan. Jakarta: PD. Mahkota.
Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 1987. Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Offset. Suharsimi, A. 2005. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Trisnahada. 2011. Pengembangan strategi penanaman nilai-nilai kejujuran dalam upaya membina disiplin dan kemandirian siswa melalui pembelajaran IPA di sekolah (studi pada MTs Negeri di Kabupaten Sumedang yang telah mengembangkan integrasi IPTEK dan IMTAQ). Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2020-03-30