PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DAN SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR

  • I Nyoman Marjaya SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung
Keywords: Supervisi Akademik, Supervisi Individual, Kemampuan Melaksanakan Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penulisan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan datanya adalah observasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh rata-rata awal yaitu 41,29 dengan kriteria kemampuan kurang baik, pada Siklus I meningkat rata-ratanya menjadi 62,93 dengan kriteria kemampuan (cukup) dan pada Siklus II naik rata-ratanya menjadi 103,64 dengan kriteria kemampuan (Baik). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah supervisi akademik dan supervisi individual dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru SD Gugus 2 Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung semester II tahun pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Sukardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Azhar, Lalu Muhammad. 1996. Supervisi Klinis. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.
Daryanto, H.M. 2005. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Moh Rifai. 1987. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan 2. Bandung: Jemmars.
Mulianto Sindu, dkk. 2006. Panduan Lengkap Supervisi. Kelompok Gramedia. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gutamedia Press.
Published
2020-03-30