TOKSISITAS AKUT DAN LETHAL DOSIS (LD50) EKSTRAK ETANOL UWI BANGGAI UNGU (Dioscorea alata L.) PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

Authors

  • Corry Stephanie Sulastra Universitas Tadulako
  • Khildah Khaerati Universitas Tadulako
  • Ihwan Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v6i1.715

Keywords:

Dioscorea alata L., Lethal Dose 50, Toksisitas akut

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni dengan tujuan untuk mengetahui gejala toksisitas akut dan lethal dose 50 ekstrak etanol uwi Banggai ungu (Dioscorea alata L.) terhadap tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian ini menggunakan 20 ekor tikus yang dibagi menjadi empat kelompok dan diberikan dosis bertingkat yaitu 1 g/kgBB, 2 g/kgBB, 4 g/kgBB, dan 8 g/kgBB ekstrak etanol uwi Banggai ungu dengan sekali pemberian secara oral kemudian diamati gejala ketoksikan dan jumlah kematian pada tiap hewan uji setelah 24 jam, selanjutnya dilakukan pengamatan bobot badan selama 14 hari tanpa diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan LD50 ekstrak etanol uwi Banggai ungu (Dioscorea alata L.) adalah semu atau bukan LD50 yang sesungguhnya yaitu  >8 g/kgBB dan masuk dalam kategori praktis tidak toksik (5-15 g/kgBB). Gejala klinis yang teramati pada tikus yaitu menurunnya aktivitas motorik pada dosis tertinggi dan frekuensi grooming yang meningkat seiring dengan peningkatan dosis.

Author Biographies

Corry Stephanie Sulastra, Universitas Tadulako

Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA

Khildah Khaerati, Universitas Tadulako

Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA

Ihwan, Universitas Tadulako

Jurusan Farmasi, Fakultas MIPA

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Sulastra, C. S., Khaerati, K., & Ihwan. (2020). TOKSISITAS AKUT DAN LETHAL DOSIS (LD50) EKSTRAK ETANOL UWI BANGGAI UNGU (Dioscorea alata L.) PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Jurnal Ilmiah Medicamento, 6(1). https://doi.org/10.36733/medicamento.v6i1.715

Issue

Section

Original Articles