AKTIVITAS EKSTRAK DAUN RUMPUT BERMUDA (Cynodon dactylon L. Pers) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA KELINCI (Oyctolagus cuniculus)

Authors

  • Nurlaila Ramadhani Universitas Tadulako Palu
  • Mr. Yusriadi Universitas Tadulako Palu
  • Khildah Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i2.846

Keywords:

ekstrak daun rumput bermuda (Cynodon dactylon L. Pers), luka bakar, kelinci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas ekstrak daun rumput bermuda (Cynodon dactylon L. Pers) terhadap penyembuhan luka bakar serta mengetahui konsentrasi yang efektif terhadap penyembuhan luka bakar. Hewan uji yang digunakan pada penelitian ini adalah kelinci jantan (Oryctolagus cuniculus) yang dibagi dalam 5 kelompok uji. Setiap kelinci dibuat luka bakar di bagian punggung dengan diameter 2 cm, kelompok uji I diberi gel Bioplasenton (kontrol positif), kelompok II diberi basis Na CMC (kontrol negatif), kelompok uji III, IV, dan V diberi sediaan ekstrak daun rumput bermuda dengan konsentrasi masing-masing 1%, 3%, dan 5%. Pengukuran luka bakar menggunakan alat jangka sorong dilakukan setiap hari selama 21 hari. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji One way Anova dan dilanjutkan uji Post hoc Duncan. Hasil statistik menunjukkan bahwa ekstrak daun rumput bermuda memiliki aktivitas dalam penyembuhan luka bakar pada kelinci. Konsentrasi yang efektif adalah konsentrasi 5%.

Author Biographies

Nurlaila Ramadhani, Universitas Tadulako Palu

Jurusan Farmasi Strata 1, FMIPA

Mr. Yusriadi, Universitas Tadulako Palu

Jurusan Farmasi Strata1, FMIPA

Khildah, Universitas Tadulako Palu

Jurusan Farmasi Strata 1, FMIPA

Downloads

Published

2020-06-23

How to Cite

Ramadhani, N., Yusriadi, & Khaerati, K. . (2020). AKTIVITAS EKSTRAK DAUN RUMPUT BERMUDA (Cynodon dactylon L. Pers) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR PADA KELINCI (Oyctolagus cuniculus). Jurnal Ilmiah Medicamento, 5(2). https://doi.org/10.36733/medicamento.v5i2.846

Issue

Section

Original Articles