PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MM JUICE & RESTAURANT CABANG TEUKU UMAR

Authors

  • Ni Komang Dian Andarista Wati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Imbayani

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Kepuasan atau ketidakpuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja produk yang riil/aktual dengan kinerja produk yang diharapkan, jika produk tersebut di bawah harapan, konsumen akan kecewa, Sebaliknya jika produk tersebut memenuhi harapan, konsumen akan puas (Sangadji & Sopiah, 2013:180). Konsumen yang puas membentuk fondasi dari setiap bisnis yang sukses karena kepuasan konsumen mengarah pada pengulangan pembelian, Semakin terpenuhi harapan-harapan dari konsumen tentu konsumen akan semakin puas dan menjadi loyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan konsumen.  Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden di MM Juice & Restaurant cabang Teuku Umar, Jl. Teuku Umar no 27 Denpasar barat . Penentuan sampel menggunakan porpusive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kulitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan sebesar (0,000 < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan sebesar (0,004 < 0,05) . Hasil penelitian menunjukkan variabel Persepsi Harga berpengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen dengan nilai signifikan (0,00 < 0,05).  Saran peneliti bagi perusahaan yaitu perusahaan harus mampu meningkatkan daya tanggap terhadap pelanggan dan porsi makanan yang disajikan untuk konsumen guna meningkatkan kepuasan konsumen. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki keterbatasan yang ada dalam penelitian ini, memperbanyak jumlah sampel dan mengembangkan penelitian dengan meneliti variable lain diluar pada penelitian ini.

Downloads

Published

2020-08-20

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3