PENGARUH ONLINE PROMOTION, ONLINE CUSTOMER RATING DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA WRITE HOSTEL

Authors

  • Dewa Ayu Putri Laksmi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Eka Mitariani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Yudhi Hendrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Online promotion, online customer rating, e-wom, Keputusan pembelian konsumen

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menguji  dan  menganalisis  pengaruh online promotion, online customer rating, dan e-wom terhadap keputusan pembelian konsumen. Hostel merupakan salah satu sarana akomodasi yang digunakan bagi para pelaku   bisnis   maupun   wisatawan   sebagai   tempat   tinggal   sementara   untuk beristirahat, maupun tempat untuk makan dan minum. Sejalan dengan berkembangnya industri pariwisata di Indonesia maka semakin banyak hostel yang dibutuhkan sebagai sarana akomodasi, sehingga semakin banyak pula persaingan antar hostel. Dengan kondisi yang seperti ini dan banyaknya pemain di bidang usaha kepariwisataan yang menaikkan tingkat persaingan. Untuk mengantisipasi masalah persaingan  itu.  Langkah  yang  dapat  ditempuh  antara  lain  dengan  menentukan strategi pemasaran yang baik, terarah dan terpadu dalam rangka mempertahankan atau bahkan meningkatkan penjualan produk dan jasanya. Penelitian ini dilakukan pada Write Hostel yang berlokasi di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa pelayanan pada Write Hostel. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Hair et al dimana jumlah minimum sampel yang sebaiknya dipakai yaitu 10 kali dari jumlah seluruh indikator, maka ukuran sampel yang dibutuhkan sejumlah 14 x 10 = 140 responden. Kemudian Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap  keputusan  pembelian  konsumen,  online  customer  rating  berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Downloads

Published

2025-06-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>