PENGARUH ONLINE PROMOTION, ONLINE CUSTOMER RATING DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA WRITE HOSTEL
Keywords:
Online promotion, online customer rating, e-wom, Keputusan pembelian konsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh online promotion, online customer rating, dan e-wom terhadap keputusan pembelian konsumen. Hostel merupakan salah satu sarana akomodasi yang digunakan bagi para pelaku bisnis maupun wisatawan sebagai tempat tinggal sementara untuk beristirahat, maupun tempat untuk makan dan minum. Sejalan dengan berkembangnya industri pariwisata di Indonesia maka semakin banyak hostel yang dibutuhkan sebagai sarana akomodasi, sehingga semakin banyak pula persaingan antar hostel. Dengan kondisi yang seperti ini dan banyaknya pemain di bidang usaha kepariwisataan yang menaikkan tingkat persaingan. Untuk mengantisipasi masalah persaingan itu. Langkah yang dapat ditempuh antara lain dengan menentukan strategi pemasaran yang baik, terarah dan terpadu dalam rangka mempertahankan atau bahkan meningkatkan penjualan produk dan jasanya. Penelitian ini dilakukan pada Write Hostel yang berlokasi di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa pelayanan pada Write Hostel. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan teori Hair et al dimana jumlah minimum sampel yang sebaiknya dipakai yaitu 10 kali dari jumlah seluruh indikator, maka ukuran sampel yang dibutuhkan sejumlah 14 x 10 = 140 responden. Kemudian Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan e-wom berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.