PERAN KEPERCAYAAN CUSTOMERS SEBAGAI MEDIASI PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SINAR SHANATA BALI

Authors

  • Meliana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Nita Anggraini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kepercayaan Customer, Personal Selling, Keputusan Pembelian

Abstract

  1. Sinar Shanata Bali dalam menghadapi ketatnya persaingan telah menerapkan strategi penjualan yang efektif untuk memastikan bahwa keunggulan-keunggulan tersebut dapat disampaikan dengan baik kepada calon customer. Perusahaan dan marketing selalu berupaya untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan atau diinginkan para customer dengan menjelaskan keunggulan dan keunikan dengan jelas dari proyek Taman Shanata untuk menciptakan keputusan pembelian yang bertujuan untuk menentukkan terjualnya projek Taman Shanata yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh personal selling dan kepercayaan customer terhadap keputusan pembelian, personal selling terhadap kepercayaan customer dan kepercayaan customer memediasi pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Lokasi penelitian ini di PT. Sinar Shanata Bali. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah customer yang melakukan pembelian properti di PT Sinar Shanata Bali dan sampel yang digunakan sebanyak 90. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner Teknik analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan metode uji mediasi dengan analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa, personal selling memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan customer, personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan customer memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepercayaan customer memediasi secara parsial hubungan antara personal selling dan keputusan pembelian. Saran yang dapat diberiken oleh peneliti adalah perusahaan disarankan untuk terus meningkatkan kompetensi tenaga penjual melalui pelatihan berkelanjutan, memanfaatkan teknologi digital dalam personal selling.

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>