MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN OPERASIONAL SERTA PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA ALFAMART WANAYU GIANYAR

Penulis

  • Tiksnayana Vipraprastha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Wulan Purnami Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Stock Opname, Kinerja Karyawan, Pelayanan

Abstrak

Alfamart, sejak pendiriannya pada tahun 1989, telah menjadi pilar dalam industri retail. Di Alfamart Wanayu, Pengabdian Masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan operasional dan pelayanan. Tentunya  dengan metode yang meliputi pengecekan kiriman dari warehouse, pengaturan gudang, pemastian barang terscan saat transaksi, sosialisasi penggunaan aplikasi Alfagift kepada pelanggan, dan sesi briefing sebelum shift dimulai. Seluruh kegiatan berlangsung di toko Alfamart Wanayu. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan guna memperbaiki operasional dan pelayanan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peningkatan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Saran yang diberikan termasuk peningkatan pengawasan terhadap pengiriman barang, sosialisasi yang lebih intensif kepada pelanggan, serta peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara keseluruhan. Dengan demikian, melalui implementasi berbagai metode dan kegiatan yang terstruktur, program pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan dampak positif bagi Alfamart Wanayu dalam meningkatkan kinerja karyawan, efisiensi operasional, dan kepuasan pelanggan.

Referensi

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17 ed.). Pearson.

Mulyadi, D. (2019). Akuntansi Keuangan : Konsep, Teori dan Praktik (9 ed.). Salemba Empat.

Munandar, H. (2019). Manajemen Persediaan : Teori dan Aplikasi (2 ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Vipraprastha, T. ., & Purnami, I. A. N. W. . (2024). MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN OPERASIONAL SERTA PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA ALFAMART WANAYU GIANYAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 378–387. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9365