MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN OPERASIONAL SERTA PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA ALFAMART WANAYU GIANYAR

Authors

  • Tiksnayana Vipraprastha Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Nyoman Wulan Purnami Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Stock Opname, Kinerja Karyawan, Pelayanan

Abstract

Alfamart, sejak pendiriannya pada tahun 1989, telah menjadi pilar dalam industri retail. Di Alfamart Wanayu, Pengabdian Masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan operasional dan pelayanan. Tentunya  dengan metode yang meliputi pengecekan kiriman dari warehouse, pengaturan gudang, pemastian barang terscan saat transaksi, sosialisasi penggunaan aplikasi Alfagift kepada pelanggan, dan sesi briefing sebelum shift dimulai. Seluruh kegiatan berlangsung di toko Alfamart Wanayu. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan guna memperbaiki operasional dan pelayanan. Hasil dari kegiatan tersebut adalah peningkatan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Saran yang diberikan termasuk peningkatan pengawasan terhadap pengiriman barang, sosialisasi yang lebih intensif kepada pelanggan, serta peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara keseluruhan. Dengan demikian, melalui implementasi berbagai metode dan kegiatan yang terstruktur, program pengabdian masyarakat ini berhasil memberikan dampak positif bagi Alfamart Wanayu dalam meningkatkan kinerja karyawan, efisiensi operasional, dan kepuasan pelanggan.

References

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17 ed.). Pearson.

Mulyadi, D. (2019). Akuntansi Keuangan : Konsep, Teori dan Praktik (9 ed.). Salemba Empat.

Munandar, H. (2019). Manajemen Persediaan : Teori dan Aplikasi (2 ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Published

2024-06-15

How to Cite

Vipraprastha, T. ., & Purnami, I. A. N. W. . (2024). MENGOPTIMALKAN KINERJA KARYAWAN UNTUK MENINGKATKAN OPERASIONAL SERTA PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN PADA ALFAMART WANAYU GIANYAR. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 378–387. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9365