STRATEGI EFISIENSI PENGINPUTAN STOK DAN PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN DI JEPUNAYU SALON

Penulis

  • I Kadek Bagiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Ayu Anggya Agustina Universitas Terbuka
  • I Gusti Ayu Puspita Nila Putri Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

efisiensi operasional, pencatatan stok, kepuasan pelanggan

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi peningkatan efisiensi pencatatan stok dan kepuasan pelanggan di JEPUNAYU Salon, sebuah salon kecantikan rambut yang telah berdiri sejak Februari 2006. Melalui pendekatan pengabdian masyarakat, program kerja yang dirancang fokus pada dua permasalahan utama yang dihadapi salon, yaitu kurangnya penerapan penginputan stok yang efisien dan kurangnya pemahaman karyawan tentang pentingnya pengembangan skill untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Data dianalisis melalui observasi, wawancara, dan evaluasi sistem operasional salon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya dukungan penuh dari manajemen, keterlibatan aktif dari seluruh staf, dan tersedianya fasilitas pendukung yang memadai, tercapai peningkatan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan di JEPUNAYU Salon. Implikasi dari penelitian ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara manajemen, karyawan, dan fasilitas pendukung dalam meningkatkan kualitas layanan dan operasional bisnis. Dengan demikian, temuan ini dapat menjadi referensi bagi salon kecantikan lainnya yang menghadapi tantangan serupa dalam meningkatkan kinerja dan kepuasan pelanggan.

Referensi

Andriyani, T., Lupikawaty, M., Firdaus, Y., & Zahara, E. (2022). Penyuluhan Kualitas Pelayanan Prima Terhadap Pelanggan Modeste Salon Palembang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2). 59-67.

Bagiana, I. K., Permana, I. P. I, & Oktariyana, M. D. (2023). Optimalisasi Kinerja Melalui Implementasi Standar Operasional Prosedur dan Evaluasi Serta Penilaian Karyawan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(2), 697–703.

Cahyawati, P. N., Pradnyawati, L. G., & Ningsih, N. L. A. P. (2021). Analisis dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Pekerja Salon dan Spa. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(7), 328-334.

Hanifah, H., Goenadhi, E. L., & Ludfi, R. (2023). Sosialisasi Langkah Berwirausaha Yang Tepat Bagi Transpuan Pelaku Umkm Salon di Kota Banjarmasin. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1245-1248.

Minerva, P., Astuti, M., & Asih, T. (2019). Peningkatan Kualitas Pelayanan Salon Kecantikan Berbasis Kesehatan Pada Kelompok Pengusaha Salon Kecantikan Di Kota Pariaman. Journal of Community Service, 1(1), 089-095.

Purba, M., Raj, N., & Pasaribu, I. O. (2022). Penerapan Aplikasi Miracle Salon. Jurnal Widya, 3(1), 95-100.

Putra, I. D. M. A. P., & Widyasti, L. P. M. (2023). Pembinaan Optimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Traffic dan Customer Pada UMKM Salon Cendana. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) 2(2), 840-844.

Sari, E. J., Normalina, N., & Husien, N. M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Menggunakan Sosial Media untuk Pemasaran UMKM (Studi Kasus: Transpuan Pelaku Umkm Salon di Kota Banjarmasin). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1241-1244.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-15

Cara Mengutip

Bagiana, I. K., Agustina, P. A. A. ., & Putri, I. G. A. P. N. . (2024). STRATEGI EFISIENSI PENGINPUTAN STOK DAN PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN DI JEPUNAYU SALON. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(1), 264–270. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9346