OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI EDUKASI DI ELITE KID COURSES, PEMECUTAN, DENPASAR BARAT, BALI

Penulis

  • Made Ika Prastyadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Amanda Prananingrum Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Kurikulum, Penilaian Berbasis Proyek, Sistem Manajemen Pembelajaran

Abstrak

Pengabdian masyarakat adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan dalam memecahkan masalah dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Elite Kid Courses. Elite Kid Courses Denpasar meruapakan anak perusahaan dari Sang Tunas Group. Berdasarkan observasi dan wawancara hal yang terjadi di Elite Kid Courses adalah kurikulum yang digunakan tidak diperbarui secara berkala atau tidak sesuai dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Siswa mengalami kendala untuk menunjukkan pemahaman mereka dalam konteks dunia nyata, sehingga dibutuhkan penilaian berbasis proyek memberikan pendekatan yang lebih komprehensif dan relevan. Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) yang dilakukan belum efisien, baik dalam pengelolaan tugas, penilaian, dan komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah persiapan, pelaksanaan, evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah tercapai 100% dan memberikan manfaat bagi perusahaan.

Referensi

Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20-31.

Damanik, R. W., Abi, A. R., & Tanjung, D. S. (2022). Analisis Pelaksanaan Bimbingan Pada Kesulitan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 467-478.

Hamid, H. (2012). Pengembangan kurikulum pendidikan.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Matondang, Z., Djulia, E., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar.

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289-1298.

Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). Analisis pelaksanaan bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(1), 10-20.

Suherman, U. (2019). Bimbingan Belajar. J. Chem. Inf. Model.

Supianto, S. (2022). Penilaian Berbasis Proyek Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(2), 174-181.

Syaodih, E. (2009). Evaluasi Kurikulum Pendidikan Dasar: Satu Usulan. Inovasi Kurikulum, 6(2), 54-73.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-11

Cara Mengutip

Prastyadewi, M. I. ., & Prananingrum, N. M. A. . (2024). OPTIMALISASI PEMBELAJARAN KOMPUTER DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI EDUKASI DI ELITE KID COURSES, PEMECUTAN, DENPASAR BARAT, BALI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 3(2), 698–704. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10283