PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII I SMP SANTO YOSEPH DENPASAR

Authors

  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Juniasa SMA Negeri 4 Denpasar
  • Severina Ni Nyoman Febriastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v4i1.9599

Keywords:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran PBL

Abstract

Pencapaian prestasi yang baik, sesuai dengan tujuan pembelajaran merupakan cita-cita dan harapan dari guru saat mengajar di kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini secara khusus dirancang oleh guru atau praktisi pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran atau perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII I SMP Santo Yoseph Denpasar sebanyak 32 siswa melalui penerapan model PBL pada materi bangun ruang sisi lengkung (kerucut). Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan penerapan model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pra siklus menunjukkan dari 32 siswa yang tuntas secara individual berjumlah 8 siswa dengan ketuntasan belajar (25%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 24 siswa (75%). Setelah diterapkan tindakan siklus I, sebanyak 14 siswa (43,75%) tuntas dan 18 siswa (56,25%) belum tuntas. Selanjutnya, pada siklus II 29 siswa tuntas dengan persentase 90% dari target yang telah ditetapkan yaitu 85%. Berdasarkan paparan data tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII I tahun pelajaran 2023/2024 pada materi bangun ruang sisi lengkung (kerucut).

Downloads

Published

01-03-2024

Most read articles by the same author(s)