PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MATHBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6015Keywords:
Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Mathball Throwing, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran koperatif tipe STAD berbantuan Mathball Throwing. Tahapan dalam penelitian dimulai dari perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan tindakan (observing), dan refleksi tindakan (reflecting). Desain penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah 46 siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Kuta Utara Tahun Ajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan, maka keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Achivement Division (STAD) berbantuan Mathball Throwing mengalami peningkatan sehingga tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa juga turut meningkat karena siswa mengalami sendiri setiap kegiatan pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 63,04 % menjadi 78,28% pada siklus II. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Mathball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 7 SMAN 1 Kuta Utara.