PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • I Wayan Sumandya Univeritas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Indra Adhi Wikanta Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6014

Keywords:

Aktivitas Belajar Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning di kelas X14 SMA N 1 Kuta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan difokuskan pada peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik sebagai tujuan dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari-Februari 2023 di SMA N 1 Kuta Utara dengan subjekpenelitian pada peserta didik kelas X14. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus selama 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 48,91% Sedangkan aktivitas belajar matematika peserta didik diperoleh rata-rata persentase pada siklus II mencapai 75,78%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian ini, dimana rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik lebih dari atau sama dengan 70%.

Downloads

Published

01-03-2023