PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SDN DATINAWONG

Authors

  • Cindy Erra Agustin Universitas Trunojoyo Madura
  • Riska Candrawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v2i2.5345

Keywords:

Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh di SDN DatiNawong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatakn motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran jarak jauh atau biasnaya disebut dengan PJJ di Desa DatiNawong, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Penelitisn ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan yang dilakukan dengan pengunaan pendekatan  kualitatif yaitu pengumpulan data melalui observasi  secara langsung kepada wali atau orang tua peserta didik, guru dan dokumen. Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang terjadi hampir diseluruh negeri mengamai dampaknya, pendidikan salah satu aspek yang terkena dampak tersebut. Hal tersebut menyebabkan pemerintah Indonesia ditantang untuk mengatasi permasalahan pendidikan pada masa pandemi. Oleh karena itu pemerintah dengan sigap menetapkan pembelajaran secara daring atau jarak jauh (PJJ). Kebijakan tersebut menjadi tantangan bagi orang tua terhadap peran mereka dirumah pada proses belajar anak-anak secara daring.

Downloads

Published

01-09-2022