UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP DWIJENDRA DENPASAR DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI
DOI:
https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12355Keywords:
Prestasi Belajar Siswa, Matematika, Metode Pembelajaran InkuiriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dwijendra Denpasar pada kelas VIII C. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII C SMP Dwijendra Denpasar, dengan jumlah 26 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C. Hal ini diketahui dari prestasi belajar siswa. Pada tindakan siklus I, hasil nilai rata-rata sebesar 66,15 dan ketuntasan belajar sebesar 69,7% yang merupakan tingkatan cukup. Penelitian dilanjutkan pada siklus II dan memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,35 dan ketuntasan belajar sebesar 93,94% termasuk dalam kelas tinggi dan memenuhi kriteria indikator keberhasilan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mariana Engge, Putu Suarniti Noviantari,S.Pd.,M.Pd, Kadek Rahayu Puspadewi,S.Pd.,M.Pd

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.