UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII C SMP DWIJENDRA DENPASAR DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI

Authors

  • Mariana Dapa Engge Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Putu Suarniti Noviantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Rahayu Puspadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/pemantik.v5i2.12355

Keywords:

Prestasi Belajar Siswa, Matematika, Metode Pembelajaran Inkuiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dwijendra Denpasar pada kelas VIII C. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing memiliki empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII C SMP Dwijendra Denpasar, dengan jumlah 26 laki-laki dan 7 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII C. Hal ini diketahui dari prestasi belajar siswa. Pada tindakan siklus I, hasil nilai rata-rata sebesar 66,15 dan ketuntasan belajar sebesar 69,7% yang merupakan tingkatan cukup. Penelitian dilanjutkan pada siklus II dan memperoleh rata-rata nilai sebesar 81,35 dan ketuntasan belajar sebesar 93,94% termasuk dalam kelas tinggi dan memenuhi kriteria indikator keberhasilan belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Published

01-09-2025

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2