PENGENALAN DAN PENGEMBANGAN PENGETAHUAN TERHADAP BUDAYA INDONESIA KEPADA SISWA DI SEKOLAH INTERNATIONAL BALI

Penulis

  • Budiartha, Putu Gede Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Wardani, Ni Made Dwi Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

siswa; budaya; pengetahuan

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan yang lebih luas mengenai budaya serta tradisi yang berasal dari Indonesia. Hal ini ditujukan untuk mengembangkan pengetahuan anak-anak yang berasal dari berbagai negara mengenai Indonesia. Lokasi anak-anak sasaran yaitu siswa yang bersekolah di Kids Club di Parklife (PT. Taman Jiwa) Bali yang berlokasi di Jalan Raya Uma Buluh No. 15, Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Kids Club yang merupakan sekolah serta penitipan anak menjadi salah satu pilihan untuk orang tua yang datang ke Bali dalam waktu yang singkat. Adapun masalah yang dihadapi siswa dan guru disana yaitu kurangnya pengetahuan siswa yang berasal dari berbagai negara mengenai Indonesia. Kids Club yang merupakan sekolah serta penitipan anak menjadi salah satu pilihan untuk orang tua yang datang ke Bali dalam waktu yang singkat. Target kegiatan ini merupakan siswa Kids Club di Parklife Bali dengan kisaran usia 3 – 10 tahun. Melakukan kegiatan dan acara untuk mengenalkan dan mengembangkan pengetahuan siswa mengenai Indonesia merupakan tujuan utama kegiatan ini.

Referensi

Fauzi, Iman Thuba., Astuti Puji. 2021. Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di Sdn 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Putri, Ni Made Lastri Karsiani. 2023. BPS: 1,4 Juta Turis Asing Kunjungi Bali pada Januari-April

Available from: https://www.detik.com/bali/bisnis/d-6756842/bps-14-juta-turis-asing-kunjungi-bali-pada-januari-april-2023

Abidah, Sitti. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendampingin Anak Belajar dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Available from: https://jurnal.uhnp.ac.id/psn- uhnp/article/download/131/123/275 Retrieved on: 2 February 2022.

Denpasar, L. P. (2021). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar. LPPM: UNMAS DENPASAR.

Ekajati, Didik Wahyudi. 2021. Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi.

Available from: https://bdkbandung.kemenag.go.id/berita/peran-orang-tua-dalam- pmbelajaran-pada-masa-pandemi. Retrieved on: 2 February 2022.

Makarim, Faris Hafizh. 2021. Definisi Pengabdian Masyarakat. Available from: https://www.baktinusa.id/definisi-pengabdian-masyarakat/. Retrieved on: 2 February 2022.

Utami, Ni Made Verayanti., Ariyaningsih, Ni Nyoman Deni., Irwandika, Gede., Trisnawati, Ni Kadek Dian. 2022. Metode Edukasi Sebagai Strategi Meningkatkan Peranan Orang Tua Dalam Mengawasi Proses Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Dangin Puri Kauh Denpasar Utara. Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sarwono, Jonathan. 1994. Pengabdian Kepada Masyarakat: Konsep dan Pelaksanaannya.

Available from: https://media.neliti.com/media/publications/219986-pengabdian-kepada- masyarakat-konsep-dan.doc. Retreived on: 2 February 2022.

Tim detikEdu. 2021. Peran Orang Tua Mendidik Anak di Masa Pandemi. Available from: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5586533/peran-orang-tua-mendidik-anak-di-masa- pandemi. Retrieved on: 2 February 2022.

Utami, Etika Widi. 2020. Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. (Published thesis) Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia. Available from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/63

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31