PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PROMOSI ONLINE DESA WISATA JATILUWIH
Kata Kunci:
brosur; Jatiluwih; promosi onlineAbstrak
Tim promosi di Desa Jatiluwih adalah mitra dalam kegiatan pengabdian. Desa Jatiluwih
merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kabupaten Tabanan. Tim promosi di Desa Jatiluwih
aktif melakukan promosi online melalui website dan media sosial facebook serta intagram. Sarana
promosi menggunakan brosur digital yang termuat dalam website. Media promosi menggunakan layanan
bahasa Inggris, belum ada layanan bahasa asing lainnya. Tim promosi membutuhkan layanan bahasa
Jepang karena selain wisatawan Eropa juga terdapat wisatawan Asia misalnya wisatawan Jepang,
wisatawan Korea dan Cina yang berkunjung ke Desa Jatiluwih. Berdasarkan analisis situasi tersebut,
maka tim pelaksana merancang pengabdian menerjemahkan brosur digital ke dalam bahasa Jepang.
Selain menerjemahkan brosur juga melakukan pendampingan promosi di media sosial. Aktivitas yang
diunggah oleh tim promosi Desa Jatiluwih pada media sosial diberikan layanan bahasa Jepang untuk
menjangkau wisatawan Jepang. Untuk membantu tim promosi dalam menyebarluaskan promosi Desa
Jatiluwih, tim pelaksana pengabdian membantu membagikan konten promosi Desa Jatiluwih pada akun
media sosial kampus dan tim pelaksana pengabdian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah
tersedianya layanan bahasa Jepang pada promosi online Desa Jatiluwih berupa brosur digital dan
unggahan informasi pada media sosial Desa Jatiluwih berbahasa Jepang. Selain itu, adanya peningkatan
kemampuan tim promosi dalam melakukan promosi online dalam media sosial.
Referensi
Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas Website Dan Instagram Sebagai Sarana
Promosi Kawasan Wisata Berbasis Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan
Pengembangan Masyarakat, 1(4), 451–466.
https://ejournal.skpm.ipb.ac.id/index.php/jskpm/article/view/119
Heliantshusonfri, J. (2017). Panduan Bloging. Elex Media Komputindo.
Jatiluwih.id. (2019). Activity. tersedia pada https://jatiluwih.id/listing-category/activity/diakses pada Juni 1 Juni 2023
Facebook.com. (2018). Jatiluwih Rice Terrace. Tersedia pada
https://www.facebook.com/photo/?fbid=508070319605121&set=ecnf.10001206471908
Diakses pada 28 Mei 2023
Limbong, T. (2022). Desain Grafis: Teori dan Praktek dengan Corel DrawX7. CV
Cattleya Darmaya Fortuna.
Nandaryani, N. W., & Santosa, N. A. (2022). Konten Instagram Sebagai Media Promosi
Desa Wisata Tenganan Dauh Tukad Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan
Wisatawan Pasca Pandemi. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 18–25.
https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v4i1.331
Prautami, I. (2022). Efektivitas Promosi melalui Media Sosial Instagram dan Facebook
@Abouttng pada UMKM di Kota Tangerang. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan
Manajemen), 8(2), 153–164. https://doi.org/10.31289/jkbm.v8i2.6991
Pribadi, W. (2010). 16 Cara Efektif Mendatangkan Pelanggan lewat Internet. Bukune.
Purnomo, N., & Albab, R. U. (2022). Pengabdian Masyarakat Implementasi Promosi.
(2), 882–885.
Sudjana, I. M. (2022). Pengembangan dan pengelolaan Pariwisata di Indonesia.
Intelektual Manifes Media.
Weblio.com. Tersedia pada https://ejje.weblio.jp/ . Diakses pada 2 Juni 2023
Wuryantoro, A. (2018). Pengantar Penerjemahan (pertama). Deepublish.
Zebua, R. S. Y. (2023). Bisnis Digital (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk
Menghadapi Masa Depan) (Efitra (ed.)). PT Sonpedia Publishing Indonesia