IMPLEMENTASI PEMASARAN DIGITAL PRODUK SANGGAH DI DESA ULAKAN KARANGASEM

Penulis

  • Ariyaningsih Ni Nyoman Deni Universitas Mahasarasawati Denpasar
  • Sumiarta I Kadek Universitas Mahasarasawati Denpasar

Kata Kunci:

pemasaran digital; bangunan bali; sanggah; Desa Ulakan

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan berbagai dampak pada kehidupan masyarakat. Terganggunya kondisi kesehatan secara global memicu sentimen negatif di hampir seluruh aspek kehidupan. Tidak hanya mengganggu kesehatan, pandemi memberikan dapak lanjutan di berbagai sektor seperti pendidikan, sosial, psikologi dan tentunya perekonomian. Pandemi Covid-19 ini memberi pukulan keras bagi kelompok masyarakat khususnya para penggelut dunia usaha baik skala kecil, menengah. Resesi yang terjadi turut memberikan hantaman bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali. Guna membantu salah satu UMKM terdampak untuk bertahan di masa pandemi, yaitu pada UD. Made Karya berlokasi di Desa Ulakan Kabupaten Karangasem dilakukan pendampingan dalam pemanfaatan aplikasi digital sebagai sarana pemasaran pada produksi bangunan Bali seperti berbagai jenis sanggah, bale, jineng atau klumpu, serta kusen pintu atau jendela kayu yang dijalankan. Dalam kegiatan pengabdian, observasi dan wawancara dilakukan untuk menggali permasalahan yang dihadapi. Teridentifikasi tiga permasalah yaitu kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam pemanfaatan media pemasaran digital, sistem absensi dan gaji karyawan yang belum terkelola secara digital, kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam pemanfaatan limbah kayu. Kegiatan pendampingan yang dilakukan memberikan atmosfir positif pada perkembangan usaha UD. Made Karya di masa pandemi Covid-19.

Biografi Penulis

Ariyaningsih Ni Nyoman Deni, Universitas Mahasarasawati Denpasar

Pandemi Covid-19 memberikan berbagai dampak pada kehidupan masyarakat. Terganggunya kondisi kesehatan secara global memicu sentimen negatif di hampir seluruh aspek kehidupan. Tidak hanya mengganggu kesehatan, pandemi memberikan dapak lanjutan di berbagai sektor seperti pendidikan, sosial, psikologi dan tentunya perekonomian. Pandemi Covid-19 ini memberi pukulan keras bagi kelompok masyarakat khususnya para penggelut dunia usaha baik skala kecil, menengah. Resesi yang terjadi turut memberikan hantaman bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bali. Guna membantu salah satu UMKM terdampak untuk bertahan di masa pandemi, yaitu pada UD. Made Karya berlokasi di Desa Ulakan Kabupaten Karangasem dilakukan pendampingan dalam pemanfaatan aplikasi digital sebagai sarana pemasaran pada produksi bangunan Bali seperti berbagai jenis sanggah, bale, jineng atau klumpu, serta kusen pintu atau jendela kayu yang dijalankan. Dalam kegiatan pengabdian, observasi dan wawancara dilakukan untuk menggali permasalahan yang dihadapi. Teridentifikasi tiga permasalah yaitu kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam pemanfaatan media pemasaran digital, sistem absensi dan gaji karyawan yang belum terkelola secara digital, kurangnya pemahaman pelaku usaha dalam pemanfaatan limbah kayu. Kegiatan pendampingan yang dilakukan memberikan atmosfir positif pada perkembangan usaha UD. Made Karya di masa pandemi Covid-19.

Referensi

Abdurrahman, Ginanjar., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM sebagai Penunjang Kegiatan Promosi dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol 1. No. 2 (2020). P-ISSN: 2721-6608.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karangasem. (2022). Luas Wilayah Kabupaten Karangasem Menurut Kecamatan. https://karangasemkab.bps.go.id/statictable/2015/03/11/1/luas- wilayah-kabupaten-karangasem-menurut-kecamatan.html. Tanggal akses: 26 Januari 2022.

Bilyk, V., Serhiienko, O., Krupenna, I. (2020). Digital Marketing Tools in The Conditions of Transformation of Communications of The Modern Organization, vol. 825, Ecovis, Berlin, Germany (2020).

Duffett, R.G. (2015). Facebook Advertising’s Influence on Intention to Purchase and Purchase Amongst Millennials. Internet Research. 25(4). 498–52.

Mredu, G. (2019). A Review Of Literature On Social Media Marketing Strategies. Journal of Emerging Technologies and Innovative Research (JETIR). Volume 5, Issue 4. 35-39.

Munandar, D. (2020). The Model of Digital Marketing Communication Strategy, Customer Relationship Management and Product Quality to Encourage Purchase Decision. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, vol. 12, no. 4, pp. 486–492 (2020).

Habibi, Mohammad. (2021). E-Commerce dan Media Sosial sebagai ALternatif Solusi Tantangan Pemasaran pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Martabak Mr.Jenggot). Jurnal Maqasiduna. Vol 1. No.01 (2021).

Kannan, P. K., Li, H., (2017). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing, 34(1), 22–45.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38-50.

Li, ZhuoJun. (2022). Accurate Digital Marketing Communication Based on Intelligent Data Analysis. Journal Hindawi vol.2022 article ID 8294891.

Pratiwi, Dwi et al. (2021). Kompensasi Ngayah Secara Finansial di Desa Adat Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Sorot: Jurnal Ilmiah Sosiologi, [S.l.], v. 1, n. 01, mar. 2021.

Purwana, D., Rahmi., Aditya, S., & Zakaria, N. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 (1).

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9 (2).

Setyanta, Budi. (2022). Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 01, No. 1, Januari 2022 pp. 23-28.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4 (1).

Sulastri, Lilis. (2014). Manajemen Sebuah Pengantar Sejarah, Tokoh, Teori, dan Praktik. Bandung: La Publishing.

Sumarni, T. (2020). Media Sosial dan e-commerce sebagai Solusi Tantangan Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi kasus : UMKM Warung Salapan). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. Brand Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.

Diterbitkan

2022-04-28