MENGUBAH STIGMA MENJADI PELUANG PENGUATAN MOTIVASI PADA WARGA BINAAN LAPAS WANITA KEROBOKAN BALI
Kata Kunci:
Stigma; Peluang ; Warga binaan; KerobokanAbstrak
Pengabdian Kepada Masyarakt ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada warga binaan Lapas Wanita Kerobokan, Bali. PKM dengan tema Mengubah Stigma Menjadi Peluang menguatkan motivasi kepada warga binaan untuk bangkit lebih percaya diri menghadapi kehidupan pasca keluar dari lapas. Metode PKM ini menggunakan Community- Based Participatory Research (CBPR),dimana komunitas dan akademisi melakukan kegiatan tujuan akhirnya adalah perubahan atau perbaikan kondisi, dalam hal ini bisa diawali dengan penguatan pengetahuan dan kesadaran mantan warga binaan untuk lebih siap menghadapi stigma yang terjadi di masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada 13 Februari 2025 dengan diikuti 40 orang warga binaan. Pemaparan dilakukan diawali dengan games , pemberian materi dan kesimpulan mengenai stigma yang akan dihadapi di masyarakat dan cara merubahnya menjadi peluang. Kegiatan ini memberikan wawasan baru dan motivasi bagi peserta untuk dapat bangkit dan dapat menata hidupnya pasca keluar dari lapas.
Referensi
Cut Wilda Lubis1, R. (2019) ‘Implementasi Program Keaksaraan Fungsional Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Warga Binaan Lapas Wanita Di Tanjung Gusta Medan’, Journal of Millennial Community, 1(2), pp. 73–82.
I Ketut Mugi Raharja1, A. (2021) ‘ANALISIS SWOT UPAYA MEMINIMALISIR GANGGUAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN MELALUI PEMBINAAN KERJA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KEROBOKAN’, NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(4), pp. 501–508.
I Made Bhaskara Jaya Wardana, M.S. (2022) ‘Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Regu Penjagaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan’, Jurnal Komunikasi Hukum, 8.
Lalily, A.A.N. (2022) Metodologi Pengabdian Masyarakat.
Listyorini, E. (2024) ‘Workplace Discipline and Employee Performance at the Bangka Pratama Tax Service Office : The Influence of Work Competency , Commitment , and Motivation’, JURISMA, 14(October), pp. 255–270.
Nugroho, S. (2017) ‘MERANCANG LEMBAGA PEMASYARAKATAN KEROBOKAN’, BULETIN UDAYANA MENGABDI, 16(2), pp. 100–106.
Pradiani, T. (2018) ‘Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), pp. 46–53. Available at: https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.
Pramono, T. (2020) ‘Rahasia Inovasi Karyawan Wanita di Era Digital : Analisis Modal Psikologis dan Dukungan Kepemimpinan’, Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 16, pp. 1–17.
Regina Deti and Ramayani Yusuf (2024) ‘Pemberdayaan Perempuan dan Literasi Keuangan sebagai Pemberdayaan Identitas Perempuan Komunitas Vibrant Women’, JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), pp. 693–701. Available at: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1682.
Veranita, M. et al. (2023) ‘Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing’, 4(3), pp. 388–401.
Wardani, R.S. and Anggraini, N.N. (2014) ‘HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU PERAWATAN VULVA HYGIENE PADA WANITA DI LAPAS SEMARANG TAHUN 2014’.
Waskito, L.L., K, T.A. and Bukhori, M. (2023) ‘Pengaruh Pelatihan, Lingkungan Kerja, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Gudang PT. Mentari Indonesia Jakarta’, INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 6(2), pp. 201–216. Available at: https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i2.269.
Winda Fitri, V.Ha. (2021) ‘KONDISI OVER CAPACITY DI LAPAS PEREMPUAN KELAS IIB BATAM PADA MASA COVID-19 e-Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha’, e-Journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, 4(November), pp. 748–761.