EFEKTIFITAS PPT INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN ANAK - ANAK PAUD
Kata Kunci:
slide presentasi, interaktif, paudAbstrak
Dalam dunia pendidikan, khususnya di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), metode pembelajaran yang efektif menjadi kunci utama dalam membentuk fondasi pendidikan anak-anak. Di tengah kemajuan teknologi, integrasi alat bantu visual seperti tayangan slide semakin relevan dalam mendukung proses pembelajaran. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan tayangan slide guna meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD Hooray School. Kegiatan mencakup beberapa spesifikasi kegiatan, yaitu pengembangan tayangan slide yang interaktif, pembuatan materi slide yang menarik dan informatif, pelatihan guru dalam penggunaan tayangan slide, serta pelaksanaan evaluasi efektivitas penggunaan tayangan slide. Harapan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah terciptanya lingkungan belajar yang lebih dinamis dan interaktif melalui penggunaan tayangan slide yang dirancang dengan mempertimbangkan perkembangan kognitif, motorik, dan sosial anak-anak. Meskipun dihadapkan pada tantangan seperti penyesuaian materi visual yang sesuai dengan usia anak, kegiatan ini menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Pendampingan pembuatan PPT interaktif dapat membantu guru melakukan kegiatan pengajaran dengan lebih optimal.
Referensi
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(2), 351-357. doi:10.28926/riset_konseptual.v6i2.487
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32760
Mayer, R. E. (2024). The past, present, and future of the cognitive theory of multimedia learning. Educational Psychology Review, 36(1), 8. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan animasi sebagai media pembelajaran berbasis teknologi untuk meningkatkan motivasi belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Kusuma, Y. A., & Bima, A. C. A. (2023). Pedampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kekinian dalam Menunjang Proses Pengajaran yang Menyenangkan. ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.57084/andasih.v4i1.1033 s
Perdana, N. C. P., & Rocmah, L. I. (2024). Improving the ability to recognize letters through letter animation media for children aged 4-5 years at the aba klemunan kindergarten: Meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media animasi alfabelt pada anak usia 4-5 tahun di tk aba klemunan. https://doi.org/10.21070/ups.5749
Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y.
K. W., & Agustina, P. (2023). Multimedia pembelajaran interaktif untuk guru paud. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 10–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480
Saefuddin, A.M. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 307–315. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.885
Siregar, A., Dewi, R. S., & Harisma, R. (2018). Pengajaran Anak Usia Dini Melalui Buku Flanel Terintegrasi dalam Bahasa Inggris. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 5(1). https://doi.org/10.26740/paramasastra.v5n1.p%p
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi teknologi dalam pembelajaran di era digital: Tantangan dan peluang bagi dunia pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2021). Media pembelajaran powerpoint interaktif dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118–123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44