PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, INSENTIF, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PUSAT STATISTIK PROVINSI

Authors

  • Dwi Yustiani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.36733/juima.v12i2.5425

Keywords:

gaya kepemimpinan, motivasi, insentif, lingkungan kerja

Abstract

Permasalahan sumber daya manusia dalam keberlangsungan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali sebagai Lembaga pemerintah yang memiliki tujuan utama sebagai penyedia data terpercaya yakni pemetaan terlihat dengan terjadinya penurunan rata-rata kinerja pegawai di periode triwulan yang cenderung padat akan kegiatan. Pada tahun 2018, capaian kinerja organisasi tampak terjadi penurunan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, insentif, dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui responden penelitian, maupun studi literatur. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan cara perolehan data adalah self enumeration questionnaire. Sampel penelitian berjumlah 64 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang disertai dengan pengujian asumsi klasik serta uji validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan dengan tingkat kepercayaan 95 persen, gaya kepemimpinan, motivasi, insentif, dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sementara itu, ketika dilakukan pengujian parsial, hanya variabel gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai di Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. Kinerja pegawai di Badan Pusat Statistik menjadi sesuatu yang penting bagi pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, peningkatan kualitas gaya kepemimpinan, didukung oleh bertambahnya motivasi pegawai, serta perumusan pemberian insentif yang baik, dan ditambah dengan lingkungan kerja yang baik, merupakan kombinasi yang baik yang akan berdampak signifikan pada kinerja pegawai di Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Parasuraman. (1990). Delivering Quality Service. New York: The Free Press.

Adair, John. (2007). Cara Menumbuhkan Pemimpin 7 Prinsip Kunci Pengembangan Kepemimpinan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Adair, John. (2006). Kepemimpinan Yang Memotivasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

BPS.(2017).Laporan Kinerja Badan Pusat Statistik Provinsi Bali 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

BPS.(2018).Laporan Kinerja Badan Pusat Statistik Provinsi Bali 2018. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.

Bush, Tony & Coleman Marianne. (2011). Leadership and Strategic Management. London : Paul Chapman Publishing.

Damanhuri, dkk. (2017). Reaktualisasi Reformasi Birokrasi Menuju Good Governance. FKIP UNTIRTA.

Daniel Zeghal, AV Subbarao. (1997). "Human Resources Information Disclosure in Annual Reports: An International Comparison. Journal of Human Resource Costing & Accounting, Vol. 2 Iss 2 pp. 53 – 73.

Dasi Astawa, I Nengah, Rasmen Adi, I Nyoman, Taun, I Nyoman. (2015) Pengolahan Data Penelitian Keerawaatan dan Kesehatan Masyaralat Menggunakan SPSS Versi 22, Denpasar : Undiknas Press.

Putra, Made Satria Pramanda. (2019). Peran Pemimpin dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan Guna Peningkatan Penerimaan Pajak di KPP Pratama Denpasar Barat. Masters thesis, Universitas Terbuka. Diakses pada bulan Mei 2021 pada halaman website: http://repository.ut.ac.id/8933/1/43892.pdf.

Rosnani, Titik. 2012. Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol 3 No 1.

Setiawan, Fajar. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Tegal.

Downloads

Published

2022-09-30