VISUALISASI MEDIA GAMBAR: PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU TENTANG PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI

Authors

  • Sang Putu Kaler Surata Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Diarta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Surya Hermawan
  • I Wayan Mardikayasa SMA Negeri 1 Banjar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.8731

Keywords:

Visualisasi, Pendidikan Profesi Guru, Pengembangan Konsep, Pemahaman Tidak Lengkap

Abstract

Meskipun menggambar telah menjadi pendekatan interaktif dan visual yang populer dalam pendidikan biologi, tetapi media tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan dalam pelatihan guru, khususnya terkait pengembangan perangkat pembelajaran.  Penelitian ini mengkaji pemahaman mahasiswa calon guru dalam program "Pendidikan Profesi Guru" (PPG) di Indonesia tentang pengembangan perangkat pembelajaran biologi melalui visualisasi dalam bentuk gambar, baik sebelum maupun setelah sesi pembelajaran. Melalui pendekatan studi kasus, penelitian melibatkan sembilan partisipan mahasiswa PPG bidang biologi. Partisipan menggambar perspektif mereka tentang pengembangan alat peraga pembelajaran sebelum dan sesudah pelatihan, kemudian menuliskan narasi visual mereka. Gambar dan narasi dianalisis dengan memilih kata kunci dan mengklasifikannya ke dalam tiga model mental yang mewakili tingkat pemahaman yang berbeda: pemahaman tidak lengkap, sebagian, dan lengkap. Hasil penelitian menemukan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konseptual partisipan, dengan perubahan dalam pola gambar, peningkatan penggunaan kata kunci, dan pilihan warna yang lebih beragam. Namun, sebagian besar peserta masih menunjukkan pemahaman yang tidak lengkap tentang konsep tersebut. Hal itu mengindikasikan perlunya perbaikan lebih lanjut dalam metodologi instruksional terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Wawasan ini memberikan umpan balik yang berharga untuk program pelatihan guru di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agarwal, M. K., Sehgal, V., & Ogra, A. (2021). Creating a child-friendly environment: An interpretation of children’s drawings from planned neighborhood parks of lucknow city. Societies, 11(3). https://doi.org/10.3390/soc11030080

Christidou, V., Bonoti, F., & Hatzinikita, V. (2023). Drawing a scientist: using the Emo-DAST to explore emotional aspects of children’s images of scientists. Research in Science and Technological Education, 41(4), 1287–1308. https://doi.org/10.1080/02635143.2021.1998770

D’angelo, T. L., Thoron, A. C., & Bunch, J. C. (2019). What is Understanding by Design (UbD)? https://edis.ifas.ufl.edu

Dávila Rubio, A. M., Alexandria, V., Wiggins, G., & McTighe, J. (2017). Wiggins, G., & McTighe, J. (2005) Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development ASCD. In Colombian Applied Linguistics Journal (Vol. 19, Issue 1). Universidad Distrital Francisco Jose de Caldas. https://doi.org/10.14483/calj.v19n1.11490

Faizal Amir, M., & Darmawan Kusuma, M. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117–128. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika/article/view/538

Ford, M., & Johnson-Laird, P. N. (1985). Mental Models: Towards a Cognitive Science of Language, Inference, and Consciousness. Language, 61(4), 897. https://doi.org/10.2307/414498

Fraijo-Sing, B. S., Beltrán Sierra, N. I., Tapia-Fonllem, C., & Valenzuela Peñúñuri, R. (2020). Pictographic Representations of the Word “Nature” in Preschool Education Children. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00575

Greca, I. M., & Moreira, M. A. (2000). Mental models, conceptual models, and modelling. International Journal of Science Education, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/095006900289976

Joo, H. (2017). A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change. International Journal of Applied Engineering Research, 12(20), 9931–9935. http://www.ripublication.com

Kemdikbud. (2023). PPG Daljab 2023 Angkatan 3.

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92–106. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7153

Kuntari, F. R., Rondonuwu, F. S., & Sudjito, D. N. (2019). Understanding by Design (UbD) for the Physics Learning about Parabolic Motion. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 9(1), 32. https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p32-43

Morón-Monge, H., Hamed, S., & Monge, M. del C. M. (2021). How do children perceive the biodiversity of their nearby environment: An analysis of drawings. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063036

Mubarok, H., Aliansyah, M. U., Maimunah, S., & Hamdiah, D. M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(7), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.54543/fusion.v1i07.28

Muhyiddin, A. Z., Sutomo, M., & Suhardi, A. (2021). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Daya Tangkap Siswa Dalam Memahami Materi. PESAT: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 7(3), 113–124. https://ejournal.paradigma.web.id/index.php/pesat/article/view/68/68

Nomleni, F. T., Sarlotha, T., & Manu, N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/http://orcid.org/0000-0001-7342-5761

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. www.peraturan.go.id

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Robles-Piñeros, J., & Tateo, L. (2023). Isn’t all about trash.. Children’s conceptions about ecology and their implications for biology education in Colombia. Journal of Biological Education, 57(3), 692–705. https://doi.org/10.1080/00219266.2021.1941189

Sanchis, A. C., Ferrandis, I. G., & Gómez, J. G. (2022). The perception of the environment through drawing in early childhood education. The case of the wetland of the Albufera in Valencia (Spain). Journal of Outdoor and Environmental Education, 25(3), 265–287. https://doi.org/10.1007/s42322-022-00101-5

Staples, A. F., Larson, L. R., Worsley, T., Green, G. T., & Carroll, J. P. (2019). Effects of an art-based environmental education camp program on the environmental attitudes and awareness of diverse youth. The Journal of Environmental Education, 50(3), 208–222. https://doi.org/10.1080/00958964.2019.1629382

Yurtseven, N., & Altun, S. (2017). Understanding by design (UbD) in efl teaching: Teachers’ professional development and students’ achievement. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 17(2), 437–461. https://doi.org/10.12738/estp.2017.2.0226

Yusuf, I., Widyaningsih, W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan. Jurnal FKIP Unej, 4(2), 189–200. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1563/1279

Downloads

Published

2024-03-29