INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS: PERSPEKTIF TRI HITA KARANA

Authors

  • Putu Ayu Paramita Dharmayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Putu Dian Sawitri Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v14i1.7699

Keywords:

Kearifan Lokal, Tri Hita Karana, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Tri Hita Karana merupakan salah satu kearifan lokal Bali yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Integrasikan nilai-nilai Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris dipercaya dapat memberikan dampak yang positif bagi siswa. Oleh karena itu, studi ini akan membahas tentang bagaimana nilai-nilai Tri Hita Karana diintegrasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan juga manfaat yang didapat oleh siswa. Studi ini merupakan studi pustaka yang mana data berasal dari sumber data sekunder berupa buku, artikel ilmiah, catatan, dan laporan yang terkait dengan Tri Hita Karana, kearifan lokal, nilai, budaya, dan pembelajaran Bahasa Inggris. Data yang dikumpulkan dengan cara membaca, mencatat dan menyusun informasi selanjutnya dianalisi dan dipaparkan secara deskriptif perskriptif. Adapun hasil dari studi pustaka ini menyatakan bahwa nilai-nilai Tri Hita Karana dapat diintegrasikan ke dalam instruksi pembelajaran, materi pembelajaran, topik pembelajaran, strategy pembelajaran, dan juga aktivitas pembelajaran. Dengan mengintegrasikan Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris, siswa mampu berbahasa inggris dengan baik tanpa kehilangan identitasnya. Integrasi nilai-nilai Tri Hita Karana ke dalam pembelajaran Bahasa Inggris juga efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa. Selain itu, karakter dan keterampilan abad 21 seperti keterampilan berbicara, berfikir kritis, bekerjasama, dan kreatif juga dapat berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, I. B. A., & Sadia, I. K. (2018). Tri Hita Karana Values in Teaching and Learning of Indonesian Language for Foreign Students. SOSHUM : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(2), 103–112. https://doi.org/10.31940/soshum.v8i2.983

Amran, A., Jasin, I., Satriawan, M., Perkasa, M., & Satriawan, M. (2019). Developing Education for Sustainable Development-Oriented-Character Learning Model for Indonesian Golden Generation. Asian Social Science, 15(12), 87–93. https://doi.org/10.5539/ass.v15n12p87

Atmadja, N. B. (2021). Wacana Postgenerik terhadap Tri Hita Karana pada Masyarakat Bali (2nd ed.). Rajawali Pers.

Sanjaya, B. D., . S., Suastika, N., Sastrawijaya, Y., & Gusti Ayu Putri Kartika, I. (2019). Utilization of Civic KVS-SAW Evaluation Model in Determining the Effectiveness of Tri Hita Karana in Character Education for Students on Elementary School of Bali Aga. Journal of Engineering and Applied Sciences, 14(8), 2572–2581. https://doi.org/10.36478/jeasci.2019.2572.2581

Cinantya, C., Suriansyah, A., Asniwati, & Aslamiah. (2019). The strategy of religious-based character education in early childhood education. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 174–189.

Dewi, N. P. D. U., & Lestari, M. N. D. (2019). The Indigenous Balinese wisdom “Tri Hita Karana” approach in teaching English as a foreign language for autistic students. The Asian EFL Journal Proceedings, Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE 2019), Singaraja - Bali, 5th-7th August 2019 (Vol. 2, pp. 63–70). Retrieved from https://www.asian-efl-journal.com/wp- content/uploads/AEJ-GCTALE-Volume-2.pdf#page=23

Dewi, N. P. S. R., Adnyana, P. B., & Citrawathi, D. M. (2020). The Validity of Tri Hita Karana (THK) Oriented Blended Learning Tools to Improve Student’s Critical Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1503(1), 012052. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1503/1/012052

Sukarma, I G., Kerti Nitiasih, P., & Budasi, I. G. (2018). Integrating tri hita karana values in teaching reading: students’ and teachers’ opinions. SHS Web of Conferences, 42, 00089. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200089

Handayani, N. D., Wulandari, N. M. K., & Dewi, K. A. M. (2021). Inserting Tri Hita Karana-Based Learning Materials to an EFL Class For Character Education. Proceeding 5th International conference on Sustainble Development (ICSD)

Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno, S. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction, 13(2), 179–198. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a

Hoyos-Valdés, D. (2018). The notion of character friendship and the cultivation of virtue. Journal for the Theory of Social Behaviour, 48(1), 66–82. https://doi.org/10.1111/jtsb.12154

Irwan, I., Taufiq, M. A., & Fernando, R. (2020). A review of the integration of local wisdom in English language teaching in 5.0 society era. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 143–148.

Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60–67. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300

Naryatmojo, D. L. (2019). Internalization the Concept of Local Wisdom for Students in the Listening Class.. Arab World English Journal, 10 (1) 382. DOI: https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol10no1.31

Permatasari, A. A., Widiana, I. W., & Simamora, A. H. (2020). Tri Hita Karana Oriented Problem Based Learning Improves Natural Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(2), 226–234. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25185

Rifa’i, A. M. (2019). Integrating Local Wisdom In Language Teaching. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial. Retrieved from http://www.ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/334

Sarinah. (2019). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. 307–307.

Septy, A. P. (2016). Local Wisdom Content of English Lesson Materials toward Global Competition of Indonesia. Proceedings 2016 International Conference of TEFLIN. Surabaya: University Adi Buana PGRI

Septy, A. P. (2017). Internationalizing Local Wisdom Content of English Language Teaching Materials. Paper Presented in the 15th Asia TEFL – the 64th TEFLIN International Conference “ELT in Asia in the Digital Era: Global Citizenship and Identity”. Yogjakarta: University Negeri Yogjakarta.

Tantri, A. A. S., Bayu, G. W., & ... (2020). Literary for Children: The Values of “Tri Hita Karana” in “Yuyu yang Baik” Story as Children’s Character Education. In … and Education Journal … (Vol. 3, Issue 1, pp. 1–6). ejournal.undiksha.ac.id. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/leju.v3i1.24574

Thor, D., & Karlsudd, P. (2020). Teaching and Fostering an Active Environmental Awareness Design, Validation and Planning for Action-Oriented Environmental. Education. Sustainability, 12(8), 3209. https://doi.org/10.3390/su12083209

Trisnawati, K., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2020). The Role of Playing Model Learning Based on Tri Hita Karana Improve Indonesian Language Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 4(3), 302. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.27088

Downloads

Published

2024-03-29