IMPROVING STUDENTS’ RETELLING RECOUNT STORY ABILITY THROUGH FOUR CORNERS WITH PICTURE SERIES

Authors

  • Putu Ayu Paramita Dharmayanti Mahasaraswati Denpasar University

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1090

Keywords:

Four Corners with Picture Series, eningkatan, menceritakan kembali cerita recount, keterampilan berbicara

Abstract

Four corners with picture series merupakan salah satu teknik yang diyakini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam menceritakan kembali cerita bergenre recount. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah keterampilan berbicara siswa semester tiga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat ditingkatkan melalui teknik four corners with picture series. PenelitianTindakan Kelas digunakan sebagai desain penelitian dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test, post-test, dan kuesioner sebagai instrument penelitian. Dengan membandingkan hasil pre-tes dan post-tes menunjuk kan ada peningkatan yang signifikan dari nilai rata-rata subjek dari pre-teske post-tes. Hasil angket juga menunjukkan respon positif atas penerapan four corners with picture series dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Berdasarkan hasil pre-test, post-test dan angket, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar dapat ditingkatkan melalui teknik four corners with picture series.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads