PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK SISWA KELAS VII SMPN 1 SUSUT
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7404Keywords:
Peningkatan, Dongeng, Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik siswa kelas VII D SMP N 1 Susut tahun pelajaran 2023/2024. Khususnya dalam bidang sastra cerita rakyat berupa dongeng sangat memberikan impirasi pada anak dalam menciptakan kreatifitas yang dapat meningkatkan minat belajar mengajar di sekolah. Karya sastra berupa dongeng dapat menjadi pedoman bagi guru untuk meningkatkan semangat siswa yang dapat diarahkan pada karya sastra sehingga bakat dan minat siswa yang ada khususnya karya Indonesia dapat diarahkan dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan prasiklus 4,15, pada siklus pertama nilai siswa 6,72, siklus kedua nilai siswa 7,09 dan di siklus ketiga nilai siswa 8,24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jero Budana, Ni Luh Sukanadi, I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.