PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK SISWA KELAS VII SMPN 1 SUSUT

Authors

  • Jero Budana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Sukanadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7404

Keywords:

Peningkatan, Dongeng, Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan memahami unsur intrinsik siswa kelas VII D SMP N 1 Susut tahun pelajaran 2023/2024. Khususnya dalam bidang sastra cerita rakyat  berupa dongeng sangat memberikan impirasi pada  anak dalam menciptakan kreatifitas yang dapat meningkatkan minat belajar mengajar   di sekolah.   Karya sastra   berupa dongeng dapat menjadi pedoman  bagi guru untuk meningkatkan   semangat  siswa yang dapat diarahkan pada karya sastra sehingga bakat dan minat siswa yang ada khususnya  karya Indonesia dapat diarahkan dengan baik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan prasiklus 4,15, pada siklus pertama nilai siswa 6,72, siklus kedua nilai siswa 7,09 dan di siklus ketiga nilai siswa 8,24.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-29