PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI PUISI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM- BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 9 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.6216Keywords:
menganalisis, isi puisi, pembelajaran berbasis masalahAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam menganalisis isi puisi. Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) merupakan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melakukan suatu pembelajaran dengan lebih aktif. Dalam penelitian terdapat beberapa masalah, tujuan, dan landasan teori ketika mengimplementasikan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Ruang lingkup penelitian ini ialah peningkatan kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Denpasar. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dan metode tes, sedangkan untuk mengolah data peneliti menggunakan rumus penghitungan rata-rata. Berdasarkan pemaparan tersebut maka simpulan yang diperoleh ialah meningkatnya kemampuan siswa dalam menganalisis isi puisi melalui pembelajaran berbasis masalah (problem- based learning).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 FKIP Unmas Denpasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.