PENERAPAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 DENPASAR

Authors

  • Ni Wayan Febrianti Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Nengah Suka Widana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6023

Keywords:

hasil belajar, think-talk-write (TTW)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi pada penerapan strategi think-talk-write pada siswa XI SMA Negeri 11 Denpasar tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar sebanyak 31 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran biologi pada materi sistem imun menggunakan strategi think-talk-write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Denpasar. Pada siklus 1 Rata-rata hasil belajar pada materi sistem imun siswa sebesar 79,35 dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 77,41% pada kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil belajar untuk untuk siklus 2 sebesar 83,54, dengan ketuntasan hasil belajar belajar 93,54% pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian penerapan strategi strategi think-talk-write pada mata pelajaran biologi materi sistem imun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 11 Denpasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. G. (2010). Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Anwar, M., Angreany, F., Syaputra, A. F., & Hasmawati, H. (2020). Project Based Learning Model in Teaching Deutsch Fűr Tourismus for Foreign Language Students. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 217-223.

Kurniaman, O., Yuliani, T., & Mansur, M. (2018). Investigating Think Talk Write (TTW) learning model to enhance primary students’ writing skill. Journal of Teaching and Learning in elementary Education (JTLEE), 1(1), 52-59.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Suminar, R. P., & Putri, G. (2018). The effectiveness of TTW (Think-Talk-Write) strategy in teaching writing descriptive text. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 2(2), 300-305

Supandi, S., Waluya, S. B., Rochmad, R., Suyitno, H., & Dewi, K. (2018). Think-Talk-Write Model for Improving Students' Abilities in Mathematical Representation. International Journal of Instruction, 11(3), 77-90.

Supriadie, D. & Deni, D. (2012). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suparya, I.K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Widyacara 2 (2).

Warpala, S. I W. (2006). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif yang Berbeda Terhadap Pemahaman dan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains, Desertasi, Program Pasca Sarjana Universitas mPendidikan Malang.

Downloads

Published

2023-03-31