PENERAPAN METODE TANYA JAWAB BERBANTUAN 3D ANIMASI MATERI SISTEM EKSKRESI DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK

Authors

  • I Nengah Suka Widana Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Fransiska Yunita Sembung Universita PGRI Mahadewa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v13i1.6021

Keywords:

tanya jawab, 3D animasi, peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab berbantuan 3D animasi materi sistem ekskresi dalam meningkatkan partisipasi peserta didik kelas XI MIPA 3 tahun pelajaran tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu penelitian metode penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan metode tanya jawab berbantuan 3D animasi terdiri dari 2 Siklus yang terdiri dari asinkronus dan sinkronus dengan subjek peserta didik kelas XI MIPA 3. Analisis dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui peningkatan partisipasi yang dihitung dari rata-rata presentase kegiatan pembelajaran setiap pertemuan. Hasil didapatkan partisipasi yang rendah dimana peserta didik masih belum aktif di dalam kelas yang didapatkan berdasarkan data awal sebesar 21%. Pada siklus I terjadi kenaikan sebesar 23% hasil rata-rata kenaikan sebesar 44% dengan kategori sedang terjadinya kenaikan dimana sudah menerapkan metode tanya jawab. Pada siklus II terjadi kenaikan 18% dari hasil rata-rata sebesar 62% kategori tinggi. Saran dari penelitian ini adalah akan lebih efektif jika diberikan reward yang mendorong keaktifan pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut penerapan metode tanya jawab berbantuan 3D animasi dapat meningkatkan partisipasi peserta didik kelas XI MIPA 3 tahun pelajaran tahun ajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A & Sa’adah, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi, 13(2), 214-222 .

Djamarah & Azwan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fusco, E. (2012). Effective Questioning Strategies: A Step-by-Step Approach to Engaged Thinking and Learning, K-8. (New York: Teachers College Press).

Priyatmojo. (2010). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Handout Pada Kompotensi Dasar Mendiskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ungaran. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Simbolon, H. (2014). Pemanfaatan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Recount Bagi Kelas IX E Di SMP 5 Kota Sorong Tahun 2012. Journal Surya. 4(1): 44-52.

Sitohang, J. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. 3(4): 681-683.

Downloads

Published

2023-03-31