METODE QUANTUM LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS VII C SMP SILA DHARMA DENPASAR

Authors

  • Albertus Agung Sahat Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Sukanadi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Putu Tuti Indrawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Made Wedasuwari Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v12i1.3403

Keywords:

kemampuan, kosakata, quantum learning

Abstract

Kosakata mempunyai peranan penting bagi pengguna bahasa untuk berkomunikasi. Berkaitan dengan itu, kosakata merupakan salah satu faktor penting dalam bahasa karena kosakata sangat menentukan makna, arah, dan tujuan pembicaraan seseorang. Untuk mengetahui taraf pemahaman kemampuan anak dalam memahami kosakata, maka perlu diadakan penelitan. Berdasarkan itulah penulis mengadakan penelitian tentang “Peningkatan Kemampuam Memahami Kosakata melalui Quantum Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Sila Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020” menggunakan pendekatan quasi eksperimen karena siswa digunakan sebagai subjek data berjumlah 36 orang, memakai (PTK). Pada pengumpulan data memakai metode   esai dengan jumlah 5 soal masing-masing memiliki skor 1 - 20, dan mengingat besarnya jumlah siswa maka dipergunakan norma absolut skala 11. Dalam menganalisis data teknik digubakan menganai analisis deskriptif-kuantitatif dan analisis deskriptif-kualitatif. Nilai rata kelas yang dicapai siswa dari setiap siklus, adalah: (1) Siklus awal nilai mendapat 5,36, (2) di siklus prtama mendapat nilai 6,13, (3) di siklus kedua mendapat nilai 7,22, dan (4) di siklus ke tiga mendapat nilai 7,72. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan, penerapan quantum learning mampu meningkatkan kemampuan memahami kosakata siswa kelas VII C SMP Sila Dharma Denpasar Tahun Angkatan 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, B. d. (2000). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Santyasa, W. I. (2008). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (1985). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2022-03-31