KEMAMPUAN REPRESENTASI GRAFIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS (INTEGRAL RANGKAP DUA)

Authors

  • Putu Ledyari Noviyanti Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v11i1.1809

Keywords:

Kemampuan Representasi Grafis, Kalkulus

Abstract

Kalkulus merupakan mata kuliah dasar yang ditempuh oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika pada beberapa semester awal. Dalam mata kuliah Kalkulus ini salah satu materinya adalah Integral Rangkap Dua. Dalam proses pemecahan masalah Integral Rangkap Dua, mahasiswa harus mempunyai kemampuan representasi khususnya grafis. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan kemampuan representasi grafis mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unmas Denpasar dalam menyelesaikan soal Kalkulus khususnya Integral Rangkap Dua. Tiga mahasiswa yang dipilih dari 19 mahasiswa program studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar angkatan tahun 2016 kelas malam ditetapkan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data adalah pemberian soal Kalkulus Integral Rangkap Dua dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal Kalkulus, mahasiswa kelompok tinggi memiliki kemampuan representasi grafis yang baik dalam aspek keakuratan namun masih kurang baik dalam aspek kelengkapan. Sedangkan untuk mahasiswa kelompok sedang dan rendah memiliki kemampuan representasi grafis yang kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-31