PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG PINTAR ELEMEN NILAI PANCASILA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TAMAN KANAK-KANAK WAEBELA

Authors

  • Yulita Kristina Tai STKIP Citra Bakti
  • Dimas Qondias STKIP Citra Bakti
  • Karmelia Rosfinda Meo Maku STKIP Citra Bakti
  • Konstantinus Dua Dhiu STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v15i2.12503

Keywords:

Media, Kantong Pintar, Nilai Pancasila, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk merancang serta menilai kelayakan media Kantong Pintar Elemen Nilai Pancasila bagi anak usia 5–6 tahun di TKK Waebela. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen pada ahli dan pengguna dari media yang dikembangkan. Data yang dipeoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa media tersebut dinilai layak sebagai media pembelajaran utama, dengan skor kelayakan dari ahli materi sebesar 80% pada kategori layak, ahli media 87% kategori sangat layak, dan ahli desain 90% kategori sangat layak. Hasil uji perorangan memperoleh hasil 87% dengan kategori sangat layak dan uji kelompok kecil sebesar 88% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. (2024). Peningkatan kreativitas anak melalui media interaktif di TK Ar Roja. Jurnal Komprehensif PAUD, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.36709/jspaud

Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(1), 9-16. https://doi.org/10.30762

Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66-75. https://doi.org/10.38048/jcpa

Damayanti, F., & Nugroho, A. S. (2023). Pengembangan Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Materi Lambang Pancasila Dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas Ii Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 994-1004. https://doi.org/10.30659/pendas

Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 131-136. https://doi.org/10.53866.JCAR

Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309. https://doi.org/10.30659/pendas

Dinda, S., Maulidiyah, H., & Putri, F. (2023). Fotonovela Dalam Pendidikan Karakter Pancasila untuk Anak Usia Dini. Jurnal Edukids, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.51878/edukids

Dwi, A. R., Widyastuti, E., & Handayani, I. (2022). Media JERA (Jelajah Edukasi Rakyat) dalam penguatan nilai kebangsaan anak SD. Jurnal Neraca Pendidikan, 4(2), 85-92. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9308

Handayani, T., & Prasetyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 145-160. https://doi.org/10.61132/paud.v2i1.131

Hidayat, R., & Yuliana, S. (2022). Implementasi pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 8 (1), 23-35. https://doi.org/10.21831

Kusrina, K. (2023). Budaya sekolah dan pembentukan karakter siswa berbasis Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 347–356. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5872

Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., Qondias, D., & Bopo, G. (2023). Workshop Media Pembelajaran: Wahana Pendampingan Media Pembelajaran Terintegrasi Bahasa Ibu Untuk Pembelajaran Literasi di Kelas Awal. Jurnal Flobamorata Mengabdi, 1(2), 38-46. https://doi.org/10.51494/jfm

Laksana, D.N.L., Qondias, D & Oka, G.P.A. (2025). Desain Penelitian Pengembangan Pendidikan. Pekalongan: NEM.

Meno, O., Sada, E. Y., & Qondias, D. (2024). Analisis Kebutuhan Media Kartu Emosi Untuk Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(3), 1134-1142. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3

Mulyani, R., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 200-215 https://doi.org/10.21831/jpka.v2i1.1234

Nitasari, D., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh Media Poster terhadap Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak Usia 5-6 Tahun di TK TA II Muslimat NU Guyangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 73-85https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.866

Nurlela, N., & Safitri, D. (2021). Pengembangan media papan pintar Pancasila untuk siswa kelas awal SD. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5, 23–29. https://conference.umk.ac.id/index.php/sndies/article/view/506

Pertiwi, A. N., Susanti, L., & Hidayah, D. (2024). Pengembangan Media Interaktif Lambang Pancasila Untuk Anak Usia 5–6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–22. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/455

Pradana, H. (2022). Media Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila. TEK: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 101–109. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/5892

Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori Dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.30659/pendas.v12i2.1234

Qondias, D., Dhiu, K. D., Uta, A., Bay, M. D. B., Bidi, M. F., Irmawati, Y., & Milo, K. (2024). Pendampingan Lagu Nasional Sebagai Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 17-30. https://doi.org/10.38048/jaicb

Rahmawati, L., Suryani, E., & Nugroho, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(4), 112-125 https://doi.org/10.37721/psi.v12i1.137

Raudah, N., Asrul, M., & Murni, H. (2024). Efektivitas media interaktif terhadap keaktifan belajar anak usia dini. Jurnal Maras, 6(1), 65–73. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras/article/view/559

Saraswati, A. D., Rahayu, M., & Nurjanah, L. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(2), 97–105 https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.1339

Sari, N. P., & Putra, H. A. (2021). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membangun Kesadaran Kebangsaan Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Nasional, 11(2), 85-98 https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.63

Suharto, B., Widodo, M., & Purnamasari, R. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis Bermain Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 14(2), 178-190. https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.1339

Widodo, M., Kusuma, A., & Rahardjo, T. (2023). Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 17(1), 45-60. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha

Yuliani, R. (2022). Kendala Dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 99-110. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Downloads

Published

2025-09-09