PENGEMBANGAN MEDIA KANTONG PINTAR ELEMEN NILAI PANCASILA UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TAMAN KANAK-KANAK WAEBELA
DOI:
https://doi.org/10.36733/jsp.v15i2.12503Keywords:
Media, Kantong Pintar, Nilai Pancasila, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk merancang serta menilai kelayakan media Kantong Pintar Elemen Nilai Pancasila bagi anak usia 5–6 tahun di TKK Waebela. Menggunakan model pengembangan ADDIE, penelitian ini meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen pada ahli dan pengguna dari media yang dikembangkan. Data yang dipeoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa media tersebut dinilai layak sebagai media pembelajaran utama, dengan skor kelayakan dari ahli materi sebesar 80% pada kategori layak, ahli media 87% kategori sangat layak, dan ahli desain 90% kategori sangat layak. Hasil uji perorangan memperoleh hasil 87% dengan kategori sangat layak dan uji kelompok kecil sebesar 88% dengan kategori sangat layak.
Downloads
References
Agustina, A. (2024). Peningkatan kreativitas anak melalui media interaktif di TK Ar Roja. Jurnal Komprehensif PAUD, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.36709/jspaud
Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (2021). Pengaruh Penggunaan Media PAKAPIN (Papan Kantong Pintar) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(1), 9-16. https://doi.org/10.30762
Ciak, M. S., Susu, V. A. P., & Qondias, D. (2025). Media Papan Pintar Pancasila Sebagai Pembelajaran Bermakna untuk Internalisasi Nilai Pancasila Siswa Fase A SDN Koeloda. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(1), 66-75. https://doi.org/10.38048/jcpa
Damayanti, F., & Nugroho, A. S. (2023). Pengembangan Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Materi Lambang Pancasila Dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas Ii Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 994-1004. https://doi.org/10.30659/pendas
Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 131-136. https://doi.org/10.53866.JCAR
Dhiu, M. I., Qondias, D., Awe, E. Y., & Wau, M. P. (2024). Penerapan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 5 SDN Natakupe. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 294-309. https://doi.org/10.30659/pendas
Dinda, S., Maulidiyah, H., & Putri, F. (2023). Fotonovela Dalam Pendidikan Karakter Pancasila untuk Anak Usia Dini. Jurnal Edukids, 7(1), 49–58. https://doi.org/10.51878/edukids
Dwi, A. R., Widyastuti, E., & Handayani, I. (2022). Media JERA (Jelajah Edukasi Rakyat) dalam penguatan nilai kebangsaan anak SD. Jurnal Neraca Pendidikan, 4(2), 85-92. https://doi.org/10.33084/neraca.v10i2.9308
Handayani, T., & Prasetyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 145-160. https://doi.org/10.61132/paud.v2i1.131
Hidayat, R., & Yuliana, S. (2022). Implementasi pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Karakter, 8 (1), 23-35. https://doi.org/10.21831
Kusrina, K. (2023). Budaya sekolah dan pembentukan karakter siswa berbasis Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 347–356. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/5872
Laksana, D. N. L., Dolo, F. X., Qondias, D., & Bopo, G. (2023). Workshop Media Pembelajaran: Wahana Pendampingan Media Pembelajaran Terintegrasi Bahasa Ibu Untuk Pembelajaran Literasi di Kelas Awal. Jurnal Flobamorata Mengabdi, 1(2), 38-46. https://doi.org/10.51494/jfm
Laksana, D.N.L., Qondias, D & Oka, G.P.A. (2025). Desain Penelitian Pengembangan Pendidikan. Pekalongan: NEM.
Meno, O., Sada, E. Y., & Qondias, D. (2024). Analisis Kebutuhan Media Kartu Emosi Untuk Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(3), 1134-1142. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i3
Mulyani, R., & Prasetyo, D. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 200-215 https://doi.org/10.21831/jpka.v2i1.1234
Nitasari, D., & Afrianingsih, A. (2024). Pengaruh Media Poster terhadap Penanaman Nilai Moral dan Agama Anak Usia 5-6 Tahun di TK TA II Muslimat NU Guyangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 73-85https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.866
Nurlela, N., & Safitri, D. (2021). Pengembangan media papan pintar Pancasila untuk siswa kelas awal SD. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 5, 23–29. https://conference.umk.ac.id/index.php/sndies/article/view/506
Pertiwi, A. N., Susanti, L., & Hidayah, D. (2024). Pengembangan Media Interaktif Lambang Pancasila Untuk Anak Usia 5–6 Tahun. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–22. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/455
Pradana, H. (2022). Media Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila. TEK: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 101–109. https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/5892
Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori Dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.30659/pendas.v12i2.1234
Qondias, D., Dhiu, K. D., Uta, A., Bay, M. D. B., Bidi, M. F., Irmawati, Y., & Milo, K. (2024). Pendampingan Lagu Nasional Sebagai Penguatan Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 5(1), 17-30. https://doi.org/10.38048/jaicb
Rahmawati, L., Suryani, E., & Nugroho, T. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(4), 112-125 https://doi.org/10.37721/psi.v12i1.137
Raudah, N., Asrul, M., & Murni, H. (2024). Efektivitas media interaktif terhadap keaktifan belajar anak usia dini. Jurnal Maras, 6(1), 65–73. https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/maras/article/view/559
Saraswati, A. D., Rahayu, M., & Nurjanah, L. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 5(2), 97–105 https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.1339
Sari, N. P., & Putra, H. A. (2021). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membangun Kesadaran Kebangsaan Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Nasional, 11(2), 85-98 https://doi.org/10.55249/jpn.v3i1.63
Suharto, B., Widodo, M., & Purnamasari, R. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis Bermain Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 14(2), 178-190. https://doi.org/10.21831/jpa.v14i1.1339
Widodo, M., Kusuma, A., & Rahardjo, T. (2023). Pendidikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 17(1), 45-60. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha
Yuliani, R. (2022). Kendala Dalam Pengajaran Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 99-110. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulita Kristina Tai, Dimas Qondias, Karmelia Rosfinda Meo Maku, Konstantinus Dua Dhiu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.