PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DISKUSI KELOMPOK REFLEKTIF-KRITIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rulianto Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Nova Suadnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jsp.v15i2.11877

Keywords:

Problem Based Learning, Sejarah Indonesia, Diskusi Reflektif-Kritis, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI.10 SMA Negeri 8 Denpasar pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi kelompok reflektif-kritis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik dari segi minat belajar maupun hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 31% pada kondisi awal menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 93% pada siklus II. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 70,6 menjadi 83,36. Selain itu, minat belajar siswa meningkat dari kategori rendah menjadi sangat tinggi. Penerapan model PBL berbasis diskusi reflektif-kritis terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran sejarah yang lebih aktif, kontekstual, dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, F., Saddam, S., & Suratmi, S. (2024). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X Fase E SMA. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 8(2), 1-8.

Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. (1980). Problem-based learning: An approach to medical education. Springer Publishing Company.

Bariyah, E. M., Hidayatullah, I., & Jaenudin, E. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 284-294.

Cahyanto, B., Srihayuningsih, N. L., Nikmah, S. A., & Habsia, A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 9(2), 263-278.

Herdin, M., Robin, A. A., & Andi, A. (2022). Pemanfaatan museum tour virtual sebagai sumber media pembelajaran sejarah di era digitalisasi. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 8(2), 111-118.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235-266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Krajcik, J., & Blumenfeld, P. (2006). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press.

Lafendry, F. (2023). Urgensi penelitian tindakan kelas dalam lingkup pendidikan. Tarbawi: Jurnal pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 142-150.

Mardiana, S., & Suharyanto, S. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) pada Mata Pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 177-184.

Meyer, H. (2002). Developing character and skills in senior high school students. Journal of Education and Development, 12(1), 44-55.

Nurhadi, D. (2010). Pengembangan kompetensi peserta didik di tingkat SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1), 50-60.

Nurhadi, D. (2015). Persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2), 101-110.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Rahayu, G., Kurniati, D., Jatmiko, D. D. H., Lestari, N. D. S., & Ambarwati, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam memecahkan masalah matematika materi bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 207-216.

Suryosubroto, S. (2004). Pendidikan menengah dan pengembangan potensi peserta didik. Jurnal Pendidikan Indonesia, 23(2), 77-89.

Supriatna, A. (2011). Peranan pembelajaran di SMA dalam membentuk karakter peserta didik. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 100-110.

Suyatno, S., & Winarno, W. (2018). Persepsi siswa terhadap pelajaran sejarah di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6(3), 132-139.

Susanto, R. (2017). Motivasi belajar sejarah siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50(1), 75-80.

Savery, J. R., & Duffy, T. M. (1995). Problem based learning: An instructional model and its constructivist framework. Educational Technology, 35(5), 31-38.

Widyanto, I. P. (2022). Monograf Pengelolaan Pembelajaran Problem Based Learning Kelompok Mata Kuliah Normatif.

Wulandari, A., & Ningsih, K. (2023). Meningkatkan Minat Belajar IPA melalui Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 6(2), 130-142.

Wahyudi, A. (2019). Persepsi siswa terhadap relevansi pelajaran sejarah dalam kehidupan modern. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 85-92.

Downloads

Published

2025-08-30