EDUKASI PENGOLAHAN SAMPAH SERTA MANFAATNYA UNTUK LINGKUNGAN SEKITAR KELURAHAN KAWAN BANGLI

Authors

  • Ida Ayu Nyoman Yuliastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Gde Aksa Riantathula Acarya Putra Manik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ideyogiswara Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.9049

Keywords:

anorganik, organik, pengolahan, pupuk kompos, sampah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SD Negeri 3 Kawan, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Sasaran dalam kegiatan ini adalah siswa/siswi di SD Negeri 3 Kawan. Melalui observasi diketahui bahwa masih kurangnya pengetahuan siswa/siswi tentang pemilahan sampah sekitar lingkungan sekolah. Melihat kondisi tersebut maka dilakukan edukasi pengolahan sampah dan manfaatnya untuk lingkungan sekitar pada siswa/siswi di SD Negeri 3 Kawan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pembelajaran mengenai tata cara pemilahan sampah yang baik dan benar serta tata cara pengolahan sampah yang ada di areal sekolah, serta memberikan pengajaran dan pendampingan dalam pembuatan pupuk kompos yang baik bagi tumbuhan dan lingkungan sekitar dengan menggunakan sampah organik di sekitar lingkungan SD Negeri 3 Kawan. Kegiatan pengabdian ini dapat terlaksana dan diterima dengan baik, dengan tujuan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketertarikan siswa/siswi mengenai pengolahan sampah sekitar dan manfaatnya untuk lingkungan.

References

Dhokhikah, Y., Badriani, R. E., & Sukmawati, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Siswa Mengenai Pemilahan Sampah Berdasarkan Karakteristik Dan Sifatnya. STATOR: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 5(1), 33-37.

Hasibuan, M. R. R. (2023). Manfaat Daur Ulang Sampah Organik Dan Anorganik Untuk Kesehatan Lingkungan.

Lando, A. T., Arifin, A. N., Rahim, I. R., Sari, K., Djamaluddin, I., Damayanti, A. D., & Jihadi, A. (2022). Sosialisasi Pemilahan Sampah kepada Siswa Kelas 1 SDIT Ikhtiar-Makassar. JURNAL TEPAT: Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, 5(1), 45-60.

Lestari, N. E., Purnama, A., Safitri, A., & Koto, Y. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pemilahan Sampah Pada Anak Usia Sekolah Melalui Metode Simulasi.

Nindya, S., Cantrika, D., Murti, Y. A., Widana, E. S., & Kurniawan, I. G. A. (2022). Edukasi pengolahan sampah organik dan anorganik di desa rejasa tabanan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 352-357.

Pranata, L., Kurniawan, I., Indaryati, S., Rini, M. T., Suryani, K., & Yuniarti, E. (2021). Pelatihan pengolahan sampah organik dengan metode eco enzym. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 171-179.

Purnomo, T. A., & Sunarsih, D. (2023). Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non-organik di SDN Banjarharjo 07 Jawa Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 465-472.

Yuliastuti, I. A. N., Yasa, I. N. M., & Jember, I. M. (2013). Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 2(6), 374-393.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, Gde Aksa Riantathula Acarya Putra Manik, & Ida Bagus Ideyogiswara. (2024). EDUKASI PENGOLAHAN SAMPAH SERTA MANFAATNYA UNTUK LINGKUNGAN SEKITAR KELURAHAN KAWAN BANGLI. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 5(1), 33–39. https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.9049

Issue

Section

Articles