PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN DI SD NEGERI 2 BATUKANDIK
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.8748Keywords:
Sekolah Dasar, literasi, Numerasi, KewirausahaanAbstract
Literasi dan numerasi merupakan pemahaman wajib yang dimiliki oleh anak sejak berada di sekolah dasar. Permasalahan yang terjadi di sekolah dasar yang terletak di daerah terpencil adalah tingkat literasi dan numerasi yang relatif rendah. Hal ini diperkuat dengan temuan yang didapatkan dari observasi lapangan oleh Tim Kampus Mengajar Angkatan ke-5 bahwa masih banyak siswa yang belum memahami soal cerita matematika. Kegiatan pengabdian praktek kewirausahaan ini diprogramkan sebagai latihan secara langsung penerapan literasi dan numerasi yang diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi dan numerasi di SD Negeri 2 Batukandik. Kegiatan telah berjalan dengan baik disambut antusias oleh para siswa. Kedepannya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan terpantau dengan baik.
References
Andriyani, A. A. A. D., Mentari, N. M. I., Marantika, I. M. Y. M., Kumara, D. G. A. G. K., & Soniartini, N. L. S. (2023). Pengabdian Masyarakat Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Etika Berkomunikasi & Materi Dasar Bahasa Inggris. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(1), 9–15. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i1.6302
Bhisama, I. B. P., Wirawan, I. P. A. P., Manek, D., Novyantari, N. P. W., Widiningsih, N. K. R., & Prayoga, M. H. (2023). Sosialisasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Dan Pentingnya Menabung Melalui Media Poster Di Sd Negeri 3 Mengwi. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 85–90. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7614
Dewi, L. G. K., & Dewi, N. A. W. T. (2022). Edukasi dan Praktikum Enterpreneurship Untuk Teruna-Teruni Terdampak Covid-19 Di Desa Padangkeling. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 6(1), 1–4.
Dewi, N. L. P. S., Dewi, L. G. K., & Raygel, F. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Branding Dan Pemasaran Untuk UMKM Home Industri Kue Basah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Volume, 2(2), 648–653.
Dewi, N. L. P. S., Mariati, N. P. A. M., & Dewi, L. G. K. (2023). Penguatan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD Negeri 4 Nyalian, Klungkung. Dharma Jnana, 3(2), 88–103.
Juniartha, I. W., Pratiwi, D. P. E., Sucipta, I. K. A., R., I. W. S., & Kusuma, I. N. A. W. (2023). Pengembangan Tanaman Toga Dalam Pot Dan Lahan Perkebunan SD Negeri 2 Cemagi. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 78–84. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.6616
Krisdayanthi, A. (2018). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Aud Sebagai Bekal Kecakapan Hidup. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 20–27. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.734
Marantika, I. M. Y., Rustiarini, N. W., Budiantini, N. K. N., & Dewi, P. A. P. (2023). Pemberian Pembelajaran Bahasa Inggris Tambahan Untuk Siswa Sd Di Desa Bongkasa Pertiwi. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 141–149. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7774
Siwiyanti, L. (2017). Menanamkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day Embedding the Entrepreneurship Values through Market Day Activity. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 15–17. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2861
Suprihatin, Y., & Dewi, E. L. (2018). Implementasi Pendidikan Lifeskill Sejak Dini Dalam Pembelajaran Enterpreneurship (Studi pada SMP Cahaya Bangsa School Metro). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1074