PENGAJARAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI KEPADA ANAK-ANAK DI YAYASAN TAT TWAM ASI
DOI:
https://doi.org/10.36733/jadma.v5i1.8659Keywords:
Penagajaran, bahasa inggris, role playAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat yang bertempat di Yayasan Tat Twam Asi Denpasar melibatkan dosen dan mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ini mengambil tema pengajaran Bahasa Inggris sehari-hari. Teknik Role Play di implementasikan dalam pembelajaran Speaking dengan tujuan anak-anak didik di Yayasan Tat Twam Asi bisa meningkatkan kemampuan Speaking. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebarkan, anak-anak didik di Yayasan Tat Twam Asi memberikan respon yang positif terhadap kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan rasa peduli mahasiswa dengan masyarakat sekitar dengan cara berbagi ilmu yang mereka miliki.
References
Derakhshan, A., Khalili, A. N., & Beheshti, F. (2016). Developing efl learner’s speaking ability, accuracy and fluency. English Language and Literature Studies, 6(2), 177. https://doi.org/10.5539/ells.v6n2p177
Fandrych, I. (2009). The importance of English communication skills in multilingual settings in Southern Africa. English Today, 25(3), 49–55. https://doi.org/10.1017/S0266078409990277
Kadek, N., Damayanti, I., & Krismayani, N. W. (2021). The Correlation Between Extrovert and Introvert Personality toward Speaking Ability of The Eighth Grade Students in SMPN 7 Mengwi in Academic Year 2020 / 2021. 1(April).
Krismayani, N. W., Kumara, D. G. A. G., & Putra, I. M. M. A. (2022). Metode Fun Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak - Anak Di Dusun Mojan Baturiti Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Kreativitas Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 2(2), 110–116. https://doi.org/10.36733/jadma.v2i2.2995
Marantika, I. M. Y., Rustiarini, N. W., Budiantini, N. K. N., & Dewi, P. A. P. (2023). Pemberian Pembelajaran Bahasa Inggris Tambahan Untuk Siswa Sd Di Desa Bongkasa Pertiwi. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 141–149. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.7774
Masuram, J., & Sripada, P. N. (2020). Developing speaking skills through task-based materials. Procedia Computer Science, 172(2020), 60–65. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.009
Ningsih, A. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Pada Matakuliah English for Media Untuk Mahasiswa Sastra Inggris Umn Al-washliyah. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2BS/article/view/260
Pinatih, I. G. A. D. P. (2021). Improving students’ speaking skill through role-play technique in 21st century. Journal of Educational Study, 1(2), 95–100. https://doi.org/10.36663/joes.v1i2.159
Putra, A. S., Education, E., Program, S., Training, T., & Faculty, E. (2017). The Correlation between Motivation and Speaking Ability. II(1), 36–57.
Sadiku, L. M. (2015). The Importance of Four Skills Reading, Speaking, Writing, Listening in a Lesson Hour. European Journal of Language and Literature, 1(1), 29. https://doi.org/10.26417/ejls.v1i1.p29-31
Shahini, G., & Shahamirian, F. (2017). Improving english speaking fluency: the role of six factors. Advances in Language and Literary Studies, 8(6), 100. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.8n.6p.100
Wulandari, W., Ayuningtias, D. O., & Yana, Y. (2019). the Use of Role Play To Improve Students’ Speaking Skill. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(3), 416. https://doi.org/10.22460/project.v2i3.p416-420