UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE

Authors

  • Ni Made Sunarsih Unmas Depasar
  • Ni Putu Melani Gita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Komang Noviartini Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Komang Rian Nugraha Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.8242

Keywords:

UMKM, Media Sosial, Digital Marketing, Pembukuan, Desain Kemasan

Abstract

Perkembangan teknologi sudah jauh berkembang pesat sehingga perlu direspon dengan cepat agar tidak tertinggal jauh. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada UMKM tentang pentingnya pembukuan digital, pemanfaatan digital marketing dan pembuatan desain packaging digital elektronik di zaman ini, hal itu mendominasi untuk membantu semua kegiatan masyarakat sehari- hari, begitu pula untuk para pemilikUsaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dapat meningkatkan usahanya dengan  memanfaatkan  penggunaan  teknologi  melalui platform yang disebut sebagai media sosial. Adapun metode yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, ceramah dan diskusi, serta demonstrasi dan praktek. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa di era pandemi yang membatasi interaksi dan ruang gerak manusia, digital marketing dan media sosial dapat dimanfaatkan para pemilik usaha untuk melakukan pembukuan digital memasarkan produk, pembuatan desain kemasan produk, mengiklankan produk, mendapatkan informasi, juga berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus bertemu langsung. Implikasinya adalah kemajuan teknologi juga menjadi faktor utama kehadiran aplikasi-aplikasi yang sangat membantu  untuk  digunakan  sehari-hari  termasuk aplikasi  pembukuan  atau pencatatan  keuangan  dan  pembuatan  desain  kemasan produk menjadi lebih menarik serta menambah nilai jual suatu produk.

References

Akbar, M. A., & Alam, S. N. (2020). E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis

Digital. Yayasan Kita Menulis.

Dwijayanti, A., & Pramesti, P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68-73.

Harto, B, Komalasari, R. (2020). Optimalisasi Platform Online Internet Marketing

Untuk SME Little Rose Bandung. Empowerment in the Community, 1(1), 1-6. doi: http://dx.doi.org/10.31543/ecj. v1i1.357.g38

Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256-262.

Suraya, F., Maharani, D. G., Rachmawati, H., Putri, D. M. Y., & Sari, R. A. (2021).

Peran Digital Marketing dan Packaging dalam Meningkatkan Produktifitas UMKM di Desa Muntung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung. Jurnal Puruhita, 3(2), 52-58.

T. Efraim, D. King and J. K. le. (2015). Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective (Springer Texts in Business and Economics). Springer Texts in Business and Economics

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Sunarsih, N. M., Sari, N. P. M. G., Noviartini, L. K. N., & Nugraha, I. K. R. N. (2023). UPAYA PEMANFAATAN DIGITAL E-COMMERCE PADA BIDANG UMKM DI KELURAHAN ABIANBASE. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 4(2), 122–130. https://doi.org/10.36733/jadma.v4i2.8242