IMPLEMENTASI GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ORIGAMI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN SEMPIDI

Authors

  • Anak Agung Putri Maharani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Diah Swandewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Marisda Adiasi Daud Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Ade Dwitayani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

game based learning, origami

Abstract

Generasi alpha (gen A) merupakan generasi yang lahir di saat teknologi berkembang sangat pesat. Di abad 21 ini, ketika revolusi industri memasuki tahap 5.0, anak-anak gen A menghadapi tantangan signifkan yang jika dihadapi dengan tepat akan mampu memberikan dampak dan kontribusi terhadap anak-anak tersebut, mulai dari kecerdasan, kreativitas, kepercayaan diri dan karakter baik lainnya. Anak tidak hanya optimal dalam penguasaan kemampuan akademik tapi juga non akademik. Untuk menjawab tantangan yang dihadapi gen A, kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan kreativitas siswa melalui penerapan game based learning berbantuan media seni lipat kertas (origami) dan meningkatkan kepercayaan diri siswa guna mengembangkan potensi diri (intrapersonal) dan interaksi sosial (interpersonal melalui penerapan game based learning berbantuan origami). Ada dua metode pelaksanaannya yaitu observasi dan technology transfer berupa pelatihan (dalam bentuk demonstrasi) dan pendampingan. Kegiatan PPM melibatkan para siswa di TK Shanti Kumara III dan IV di Kelurahan Sempidi. Ditemukan bahwa penerapan game based learning berbantuan media origami berkotribusi signifikan terhadap kepercayaan diri dan kreativitas siswa di TK Shanti Kumara III dan TK Shanti Kumara IV.

Downloads

Published

2020-05-05

How to Cite

Maharani, A. A. P., Swandewi, N. L. P. D., Daud, M. A., & Dwitayani, L. A. (2020). IMPLEMENTASI GAME BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ORIGAMI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK USIA DINI DI KELURAHAN SEMPIDI. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 1(1). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jadma/article/view/774

Issue

Section

Articles