PEMBERDASAYAAN MASYARAKAT DESA SOBANGAN MELALUI DIGITALISASI UMKM DENGAN TITIPKU
Keywords:
promosi, digitalisasi, Titipku, UMKMAbstract
Promosi adalah salah satu cara untuk menarik pelanggan untuk membeli barang atau item yang akan dijual oleh pelaku usaha, baik itu perseorangan, UMKM, ataupun Usaha berskala besar. Promosi bisa dilakukan melalui media massa ataupun internet.Penetrasi internet dan ponsel pintar membuat Indonesia menjadi pangsa pasar digital yang sangat menjanjikan. Ini menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Sayangnya kesempatan ini tidak serta merta bisa dinikmati oleh semua pemilik bisnis, khususnya para UMKM yang belum memiliki literasi digital tinggi. Salah satunya di Desa Sobangan, mereka belum paham bagaimana konsep marketplace bekerja, pemasaran melalui layanan on-demand dan lainnya. Melihat kondisi tersebut, Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar hadir membawa misi untuk membantu UMKM melakukan digitalisasi. Caranya menarik, yakni dengan melibatkan masyarakat berkontribusi langsung membantu UMKM di sekitarnya dengan menggunakan Aplikasi Titipku. Aplikasi Titipku didesain layaknya media sosial, setiap pengguna dapat mengunggah informasi mengenai UMKM yang telah ditemui. Setiap konten yang diunggah akan dikurasi dan diverifikasi.